Prihatin, Mahfud MD Sebut Perkampungan Nelayan di Jakarta Utara Kurang Dapat Perhatian

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md
Sumber :
  • ANTARA/Rizka Khaerunnisa

Jakarta – Sejumlah nelayan Perkampungan Marunda Kepu, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, dan warga sekitar antusias menyambut kedatangan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Rabu, 20 Desember 2023. Mereka yang tergabung dalam komunitas rumah demokrasi terlihat sudah menanti kedatangan calon wakil presiden nomor 3 itu sejak beberapa jam sebelumnya.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Menuju lokasi pertemuan, Mahfud yang mengenakan baju batik terlihat dibawa menaiki perahu bersama nelayan dan warga. Tiba di lokasi pertemuan, Mahfud langsung menghampiri booth yang menyediakan makanan dan minuman berbahan mangrove. Mahfud langsung mencicipi makanan dan minuman itu.

Setelah itu, Mahfud langsung membakar ikan hasil tangkapan nelayan. Ia terlihat makan kerang, ikan kue, tongkol, dan sayur kangkong. Ia terlihat lahap menyantap makanan. “Para nelayan butuh jaminan kesejahteraan, karena tidak setiap hari mereka melaut. Laut ada musimnya,” kata dia, dalam keterangan tertulisnya.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Di tempat itu, Mahfud menyoroti fasilitas yang ada, salah satunya soal dermaga yang masih terbuat dari bambu. Padahal air bersih dan dermaga merupakan sumber kehidupan buat nelayan.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Nelayan Marunda, Jakarta Utara.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Sebuah tempat yang mungkin kurang mendapatkan perhatian. Saya melihat airnya keruh agak kotor dan kemudian nelayan bikin dermaga sendiri dari bambu dan sebagainya. Padahal itu salah satu sumber kehidupan mereka," kata Mahfud.

Indonesia, kata Mahfud, punya kekayaan yang luar biasa tapi tidak diimbangi keseriusan mengelolanya. “Di Natuna, di Laut Cina Selatan, misalnya, itu banyak sekali kapal-kapal asing masuk dan kita belum cukup punya kemampuan untuk mengamankannya,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya