Kerja Nyata, Kang Eddy Sebut Cianjur Selatan Bakal Teraliri Listrik dari GI Tanggeung

PT PLN Bersama Anggota DPR RI Dapil Cianjur Eddy Soeparno
Sumber :
  • dok. Istimewa

Cianjur – PT PLN (Persero) secara resmi memulai kembali pembangunan Gardu Induk 150 kilo Volt (kV) Tanggeung, Cianjur. Peresmian ini dipimpin langsung Pimpinan Komisi VII DPR yang juga Anggota DPR Dapil Cianjur Eddy Soeparno bersama Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN, Wiluyo Kusdwiharto. 

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Acara peresmian dilaksanakan di lokasi GI PLN di Desa Sukamulya, Kecamatan Tanggeung, Cianjur, Selasa (20/12). 

Peresmian ini merupakan langkah maju setelah hampir 10 tahun pembangunan GI PLN Tanggeung berhenti. Padahal keberadaan GI PLN Tanggeung sangat penting sebagai solusi minimya aliran listrik sudah bertahun-tahun menjadi masalah bagi warga Cianjur Selatan. 

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

Kualitas pelayanan listrik di wilayah Cianjur Selatan pun masih rendah. Kejadian mati listrik hampir setiap hari dengan frekuensi 5 sampai 6 kali. Bukan hanya di rumah, tapi juga di tempat-tempat pelayanan publik seperti rumah sakit, sekolah, dan kantor-kantor pemerintahan. 

PT PLN Bersama Anggota DPR RI Dapil Cianjur Eddy Soeparno

Photo :
  • dok. Istimewa
PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

Sejak mencalonkan diri hingga terpilih menjadi Anggota DPR RI dari Dapil Jabar III yang meliputi Cianjur dan Kota Bogor, Eddy Soeparno memberikan perhatian khusus agar masalah listrik yang belum merata di wilayah Cianjur Selatan ini bisa diatasi. 

“Kepercayaan sebagai Pimpinan Komisi VII DPR RI dengan mitra PLN dan juga Kementerian ESDM ini saya gunakan untuk terus bergerak memastikan warga Cianjur Selatan bisa mendapatkan akses listrik yang stabil tanpa kendala apapun,” Kata Eddy. 

Menurut Eddy yang juga Sekjen PAN ini, semua upaya dilakukan untuk memastikan warga Cianjur Selatan mendapatkan akses listrik, diantaranya koordinasi intens dengan PLN dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM). 

Pria yang akrab disapa Kang Eddy ini juga menyampaikan urgensi listrik bagi warga Cianjur Selatan ini dalam berbagai kesempatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi VII DPR dengan Kementerian ESDM. 

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno

Photo :
  • DPR RI

“Koordinasi dengan PLN dan Kementerian ESDM untuk meyakinkan bahwa dukungan kebijakan sepenuhnya diberikan oleh kami di DPR untuk menuntaskan pembangunan GI PLN Tanggeung baik kendala teknis maupun finansial,” jelasnya. 

Kang Eddy bersyukur karena semua upaya tersebut mendapatkan hasil positif dengan disepakatinya program percepatan pembangunan Gardu Induk 150 kv Tanggeung dengan anggaran Rp. 570 miliar pada tahun 2023 ini. 

“Alhamdulillah setelah koordinasi intensif dengan berbagai pihak, GI PLN Tanggeung akan dibangun kembali. Keberhasilan ini sepenuhnya adalah untuk kebaikan bagi Warga Cianjur Selatan untuk pelayanan listrik yang lebih berkualitas,” 

“Terima kasih kepada PLN, Kementerian ESDM yang telah mewujudkan beroperasinya kembali GI PLN Tanggeung ini dan membuat pemerintah daerah ikut terbantu. Semoga kerjasama ini bisa terus memberikan manfaat untuk masyarakat,” tutup Kang Eddy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya