Keanehan Jelang Pemilu Turki, Ribuan Calon Pemilih di Atas 100 Tahun

Bendera Turki.
Sumber :
  • Zimbio.com

VIVA – Partai-partai politik di Turki mengakui cukup banyak hal tak biasa yang ditemukan jelang pemilihan umum di negara tersebut pada tahun ini sebagaimana dilansir laman BBC. Salah satunya adalah banyaknya calon pemilih yang sudah mendaftar, namun usianya lebih dari 100 tahun bahkan ada yang ditemukan hingga 165 tahun.

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Sementara itu, partai-partai oposisi juga menyebut mereka menemukan banyaknya calon pemilih yang mendaftar dengan alamat tunggal, tinggal sendiri di apartemen.

Hal-hal ini terungkap menjelang pemilihan di tingkat lokal yang akan dimulai pada Maret 2018 yang mana Presiden Erdogan dan partainya diperkirakan bakal menemukan tantangan politik berat dibandingkan periode lalu.

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Turki menghadapi stagnasi ekonomi dalam beberapa bulan terakhir dan nilai tukar mata uangnya termasuk yang paling rendah tahun lalu. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa partai penguasa, AKP akan kehilangan suara di kantong-kantong suara mereka termasuk di Ibu Kota Turki, Ankara.

Oposisi kemudian menuding adanya indikasi manipulasi dalam daftar pemilih. CHP dan HDP yang merupakan Partai Rakyat Republik dan Partai Demokrat Turki menilai ada hal-hal tak biasa yang terekam dalam daftar pemilih dibandingkan pemilu lalu.

Apakah MK Tolak Gugatan Syarat Usia SIM seperti Tolak Masa Berlaku SIM Seumur Hidup?

CHP menyatakan bahwa mereka menemukan setidaknya ada calon pemilih terdaftar yang berjumlah sekitar 6.000 orang yang usianya di atas 100 tahun. Angka usia itu diketahui sangat jauh di atas angka usia orang kebanyakan pada masa kini. (art)

Ilustrasi bertemu calon mertua.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Pertanyaan muncul mengenai kapan tepatnya "usia tua" mulai terasa. Beberapa merasa sudah "tua" saat mencapai 40-an, sementara yang lainnya merasakannya setelah umur ini.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024