Logo BBC

Kashmir: Mengapa Kekerasan Terbaru Bikin Internasional Khawatir?

Anak sekolah Kashmir melewati paramiliter India.-Getty Images
Anak sekolah Kashmir melewati paramiliter India.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Kashmir adalah salah satu daerah yang paling mewakili istilah zona militer di dunia, di samping juga perbatasan paling bergolak di antara dua kekuatan nuklir: India dan Pakistan.

Gelombang kekerasan baru mengancam kestabilan kawasan - serangan minggu lalu di daerah Pulwama adalah salah satu serangan paling mematikan terhadap pasukan India di Kashmir dalam puluhan tahun, karena sekitar 50 orang tewas akibat serangkaian ledakan dan tembak-menembak.

Peningkatan ketegangan ini terjadi sementara tercatat angka kematian terburuk di kawasan sampai sejauh ini sepanjang satu dekade. Pada tahun 2018, lebih 500 orang meninggal, termasuk warga sipil, pasukan keamanan dan milisi.

Mengapa ketegangan saat ini di Kashmir sangat berbahaya ?


Siapa lagi yang mengawasi perbatasan India - Pakistan? - Getty Images

Kashmir adalah masalah peka bagi India dan Pakistan sejak kemerdekaan, di mana wilayah tersebut dibagi menjadi zona di bawah Pakistan dan India, di samping Cina.

Tetapi tewasnya lebih dari 40 tentara India minggu lalu karena serangan bunuh diri - dan tembak-menembak yang terjadi sesudahnya - mengakhiri harapan terjadinya perdamaian dalam waktu dekat.