Kenapa Siti Aisyah Bebas Warga Vietnam Doan Thi Huong Masih Ditahan

Siti Aisyah dan keluarganya
Sumber :
  • VIVA/Dinia Andrianjara

VIVA – Siti Aisyah, warga negara Indonesia yang didakwa membunuh saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang bernama Kim Jong-nam dibebaskan oleh Pengadilan Malaysia dua hari silam. Walau tak bebas murni, Siti Aisyah pada hari yang sama vonis pembebasannya langsung dipulangkan ke Indonesia.

Meriahkan Acara Final Free Fire, Habib Jafar: Main Game Boleh Asal Jangan Lupa Ibadah

Namun, lain halnya dengan terdakwa warga Vietnam Doan Thi Huong yang dijerat kasus yang sama. Perempuan asal Vietnam itu, diketahui sama dengan Siti Aisyah dituduh ikut membunuh Kim Jong-nam.

Tapi, nasib mereka berbeda. Siti bebas, sedangkan nasib Doan tak jelas hingga kini dan masih mendekam di tahanan di Malaysia.

Siti Aisyah Beli Mobil Pakai Uang Hasil Menipu Ratusan Mahasiswa di Bogor

Dilansir laman BBC disebutkan bahwa masyarakat Vietnam karena itu sempat meminta agar Doan Thi Huong dibebaskan. Saat Siti Aisyah sempat mengomentari soal pembebasannya, Doan masih di tahanan.

Menurut Siti, dia berharap Doan bisa bebas kalau memang tak bersalah. Namun, soal proses hukum yang dijalani Doan, dia tak paham. Dia juga mengaku tak kenal dekat dengan Doan.

Modus Culas Siti Aisyah Tilap Rp2,3 Miliar dari Ratusan Mahasiswa di Bogor

Sementara itu, Polri juga ikut angkat bicara mengenai Siti Aisyah. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan, pembebasan Siti Aisyah merupakan hasil kerja sama atau hubungan bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Malaysia.

"Ini hasil kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Malaysia yang memiliki bilateral yang sangat erat. Proses komunikasi ini tentu dari Kemenkumham yang paling berkompeten. Dari komunikasi, Siti Aisyah bisa dikembalikan ke Indonesia," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 11 Maret 2019. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya