Presiden Xi Jinping Kunjungi Korut, Mantapkan Hubungan Negara Sekutu

Presiden China, Xi Jinping (kiri)
Sumber :
  • Xinhua/Li Xueren

VIVA – Presiden China Xi Jinping bertolak ke Korea Utara, untuk melakukan pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Kunjungan tersebut, kunjungan kenegaraan China pertama ke Korut, sejak tahun 2005 silam atau 10 tahun lalu.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dikutip dari laman BBC, keduanya memang sudah pernah bertemu hingga empat kali untuk membahas mengenai program nuklir dan isu-isu ekonomi. China selama ini merupakan negara penting bagi Korea Utara, termasuk mitra utama dalam hal perdagangan.

Kunjungan Xi Jinping itu berlangsung sepekan, sebelum pertemuan G-20 di Jepang, yang mana dia akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Kunjungan dua hari Xi Jinping ke Korea Utara, juga merupakan kunjungan yang dilakukan oleh Presiden China, setelah 14 tahun tidak dilakukan dan kunjungan kenegaraan pertama sejak 10 tahun. Presiden Xi Jinping duduk di tampuk kekuasaan sejak 2012.

Topik agenda pertemuan kali ini, antara lain membahas negosiasi nuklir hingga gagalnya Korut dan AS menemukan kesepakatan pada pertemuan di Hanoi pada tahun ini. (asp)

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week
Wuling BinguoEV di Mandalika

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Perjalanan ini berhasil membuktikan, bahwa mobil listrik BinguoEV mampu menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024