Kapal Kargo Korea Selatan Dibajak di Dekat Perairan Singapura

Kapal kargo M/V CK Bluebell
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Pembajakan terjadi terhadap kapal kargo berbendera Korea Selatan di dekat selat Singapura pada Senin pagi, 22 Juli 2019, sebagaimana diberitakan kantor berita Yonhap. Pembajak melukai para kru dan mencuri uang hingga puluhan ribu $US.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Dua orang awak kapal mengalami luka-luka ketika tujuh orang pembajak mendatangi kapal CK Bluebell dan mengambil uang $US13.000, berbagai ponsel, baju dan sepatu para kru kapal sebagaimana disampaikan otoritas Kementerian Kelautan dan Perikanan Korsel.

Pembajak dilaporkan menggunakan senjata api dan senjata tajam lainnya. Kapal kargo CK Bluebell diketahui lepas jangkar pada Sabtu petang dan sedianya bertolak ke pelabuhan Incheon, Korea Selatan sebagaimana data Refinitiv Eikon dikutip dari laman Channelnewsasia.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Namun otoritas Korea Selatan mengatakan kapal itu kemudian berlayar normal setelah dirampok dan awaknya dilukai.

Setelah menyentuh wilayah Singapura, kapal tersebut kemudian ditangani polisi dan penjaga pantai Singapura untuk menyelidiki insiden pembajakan yang terjadi.

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Diketahui dalam beberapa tahun terakhir pembajakan memang beberapa kali terjadi di perairan antara Singapura, Malaysia dan Indonesia sekalipun rute tersebut adalah rute sibuk kapal dagang.

Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura (MPA) menyatakan hingga bulan ini mereka belum menerima adanya informasi potensi ancaman yang bisa terjadi di selat Malaka dan selat Singapura. Informasi itu juga belum didapatkan dari kapal-kapal Singapura yang kerap berlalu lalang di perairan tersebut. (ren)

Singapore Tourism Board Memperbaharui Kemitraan dengan GDP Venture

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Hasil dari kerjasama ini, ia akan mendorong kuat minat para wisatawan Indonesia untuk berwisata ke Singapura.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024