Logo ABC

Kekurangan Murid, Sekolah Katolik Berusia 146 Tahun akan Ditutup

Sekolah Katolik Presentation College Windsor sudah berdiri sejak tahun 1873 yang artinya sudah 146 tahun lalu.
Sekolah Katolik Presentation College Windsor sudah berdiri sejak tahun 1873 yang artinya sudah 146 tahun lalu.
Sumber :
  • abc

Karena kekurangan murid, salah satu sekolah Katolik khusus perempuan di Melbourne, Presentation College Windsor (PCW), akan ditutup tahun 2020. Pengumuman mendadak ini mengejutkan para siswa, orangtua dan guru.

PWC yang terletak di kawasan pemukiman Windsor, sekitar 7 km dari pusat kota Melbourne tersebut, didirikan 146 tahun lalu dan saat ini sekitar 700 murid perempuan bersekolah di sana.

Sekolah ini dikelola oleh Yayasan Susteran Presentation. Ketua yayasan Suster Maria Lazzaro dalam surat kepada orangtua murid mengatakan penutupan sekolah di akhir tahun 2020 disebabkan kurangnya murid yang mendaftar.

"Meski kita sudah berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar, namun jumlah yang mendaftar terus berkurang," kata Suster Maria.

"Kajian menyeluruh di tahun 2002 dan 2018 menunjukkan bahwa murid yang akan mendaftar dalam 10 tahun mendatang tidak akan mencukupi untuk mempertahankan sekolah ini unutk bertahan menjadi sekolah Katolik yang sukses di abad 21."

A sign outside Presentation College Windsor calls for Year 7 enrolments for 2021. Pengumuman ini masih dipasang untuk penerimaan murid di tahun 2020.

ABC News: James Hancock