Logo BBC

Rekaman Rahasia Pembunuhan Jamal Khashoggi Bikin Merinding

- Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Peringatan: Foto-foto di bawah ini bisa mengganggu kenyamanan Anda

Saya menyusuri sebuah jalan di kawasan sepi di Istanbul, Turki, dan mendekati villa berwarna krem yang dilengkapi kamera CCTV.

Setahun lalu, seorang jurnalis asal Arab Saudi yang berada dalam pengasingan menempuh perjalanan yang sama. Jamal Khashoggi - jurnalis Arab Saudi itu - tertangkap kamera CCTV tersebut. Itu adalah gambar terakhir yang memperlihatkan dirinya.

Ia masuk ke dalam Konsulat Arab Saudi dan dihabisi oleh sekelompok pembunuh.


Sosok Jamal Khashoggi tertangkap kamera CCTV - Reuters

Akan tetapi, gedung konsulat itu disadap oleh pihak intelijen Turki – seluruh aksi perencanaan dan eksekusi pembunuhan terekam. Rekaman itu baru didengar oleh sedikit orang. Dua di antara mereka kini telah berbicara kepada program BBC Panorama secara eksklusif.

Salah satunya adalah pengacara Inggris, Baroness Helena Kennedy. Dia mengaku mendengarkan rekaman suara ketika Jamal Khashoggi berada di dalam gedung konsulat hingga detik-detik kematiannya.

"Kengerian mendengarkan suara seseorang, ketakutan pada suara seseorang, dan bahwa Anda mendengarkannya secara langsung. Itu membuat tubuhku merinding."


Baroness Helena Kennedy - BBC

Kennedy membuat catatan terperinci tentang pembicaraan yang ia dengar antar-anggota kelompok pembunuh Arab Saudi itu.

"Anda bisa mendengar mereka tertawa. Ini adalah bisnis yang mengerikan. Mereka menunggu di sana, mengetahui bahwa pria ini akan masuk dan bahwa ia akan dibunuh dan dipotong-potong."

Kennedy diundang untuk bergabung dengan sebuah tim yang dikepalai Agnes Callamard, pelapor khusus PBB untuk kasus pembunuhan di luar proses hukum.

Callamard, seorang pakar hak asasi manusia (HAM), memberi tahu saya tentang tekadnya untuk menggunakan mandatnya sendiri menyelidiki pembunuhan itu, ketika PBB terbukti enggan melakukan penyelidikan kejahatan internasional.


Agnes Callamard, pelapor khusus PBB untuk kasus pembunuhan di luar proses hukum - BBC

Perlu waktu satu minggu baginya untuk membujuk intelijen Turki agar ia dan Kennedy, bersama dengan penerjemah bahasa Arab mereka, diperbolehkan mendengarkan rekaman itu.

"Niat jelas dari pihak Turki untuk memberi saya akses, adalah untuk membantu saya membuktikan adanya perencanaan dan pemikiran sebelumnya," ujarnya.

Mereka dapat mendengarkan rekaman sepanjang 45 menit, yang diambil dari rekaman berdurasi dua hari penting itu.


- BBC

Jamal Khashoggi sudah ada di Istanbul - sebuah kota di mana para musuh berbagai rezim di seantero Timur Tengah sudah lama mendapatkan perlindungan - selama beberapa minggu sebelum akhirnya dibunuh.

Sosok ayah empat anak berusia 59 tahun ini baru-baru itu bertunangan dengan Hatice Cengiz, peneliti akademik asal Turki.

Mereka berharap bisa membangun kehidupan bersama di kota kosmopolitan itu. Akan tetapi, agar bisa menikah kembali, Khashoggi memerlukan dokumen-dokumen perceraiannya.

Pada 28 September, ia dan Cengiz mengunjungi sebuah kantor kotamadya Turki, namun diberitahu bahwa mereka perlu mengambil dokumennya dari Konsulat Arab Saudi.

"Ini adalah pilihan terakhir. Ia harus pergi dan mengambil dokumen itu dari kantor konsulat agar kami bisa secara resmi menikah karena ia tidak bisa pulang ke negaranya sendiri," ujar Cengiz kepada saya, ketika kami bertemu di sebuah kafe.


Hatice Cengiz - BBC

Khashoggi bukanlah orang yang terasing dari negaranya sejak dulu. Saya pertama kali bertemu dirinya 15 tahun lalu di kedutaan besar Arab Saudi di Mayfair London. Saat itu ia berada tepat di jantung pemerintahan Arab Saudi - seorang ajudan duta besar yang mahir berbicara.

Kami mendiskusikan serangan teror terbaru yang dilakukan al-Qaeda saat itu. Khashoggi telah mengenal pimpinan kelompok tersebut yang juga berasal dari Saudi, Osama bin Laden, selama berpuluh-puluh tahun.

Awalnya Khashoggi punya rasa simpati terhadap tujuan al-Qaeda untuk meruntuhkan rezim otokratis Timur Tengah.

Namun kemudian, ia berbicara menentang kekejaman kelompok itu ketika pandangannya menjadi lebih lberal dan ia mememperjuangkan demokrasi.