Kematian Sebab Corona Meningkat, Banyak Solat Jumat di Iran Dibatalkan

Ilustrasi Salat Jumat
Sumber :
  • www.depag.go.id

VIVA – Jumlah kasus kematian akibat virus corona baru COVID-19 di Iran terus meningkat. Kabar terbaru menyebut 19 orang meninggal akibat virus tersebut. Ini menjadikan kasus kematian tertinggi di luar Tiongkok. 

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Hingga kini jumlah total orang yang terinfeksi COVID-19 di Iran mencapai 245 orang, termasuk beberapa pejabat senior. Wabah itu mendorong pihak berwenang untuk membatalkan salat Jumat di beberapa kota termasuk Teheran. Iran juga telah melarang warga Tiongkok memasuki negara itu.

Adapun mereka yang terinfeksi termasuk Masoumeh Ebtekar, wakil presiden untuk urusan wanita dan keluarga, dan wakil menteri kesehatan negara itu Iran Harirchi. Kasus Ebtekar dikatakan ringan dan dia belum dirawat di rumah sakit.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

"Dalam 24 jam terakhir, kami telah memiliki 106 (baru) kasus yang dikonfirmasi ... Jumlah korban tewas telah mencapai 26," kata bicara Kementerian Kesehatan Kianush Jahanpur, dikutip dari Algemeiner.

Ia menyerukan kepada masyarakat Iran untuk menghindari perjalanan yang tidak perlu. Jahanpur mengatakan ada rencana untuk memberlakukan beberapa pembatasan di situs-situs suci Muslim Syiah dan membatalkan beberapa khutbah pada hari Jumat. 

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

"Tapi itu perlu persetujuan presiden sebelum dilaksanakan," katanya, seraya menambahkan bahwa ratusan orang yang dicurigai terinfeksi oleh virus telah pulih dan dipulangkan dari rumah sakit.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan sekitar 20.000 alat uji virus corona dan beberapa materi lainnya akan dikirim ke Iran pada hari Jumat dari Cina.

"Sebuah pesawat Mahan Air akan mentransfer kargo ini, yang telah disiapkan oleh China’s Red Crescent, ke Iran," kata juru bicara kementerian itu Abbas Mousavi. 

Tingkat kematian di antara kasus yang dikonfirmasi dari virus ini jauh lebih tinggi di Iran daripada di tempat lain. Organisasi Kesehatan Dunia telah mengatakan ini kemungkinan karena sistem pengawasan negara.

Pihak berwenang, termasuk Presiden Hassan Rouhani, mengatakan pada hari Rabu bahwa Iran tidak memiliki rencana untuk mengkarantina "kota dan kabupaten" meskipun terjadi peningkatan tajam dalam jumlah dalam waktu singkat. Pejabat mengumumkan kematian pertama dan infeksi Iran dari coronavirus baru-baru ini minggu lalu.

Namun, Jahanpur mengatakan pemerintah telah memperpanjang penutupan bioskop dan larangan sementara acara budaya dan konferensi selama satu minggu lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya