Tak Ada Gempa, Tiba-tiba Tsunami Terjang Brasil

Tsunami di Brazil.
Sumber :

VIVA – Bencana tsunami menerjang wilayah Pantai Praia Do Cassino, Río Grande do Sul, Brasil, Minggu 15 Maret 2020 atau Sabtu waktu setempat.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Tsunami menerjang saat pantai dalam kondisi dipadati wisatawan. Tsunami datang tiba-tiba tanpa didahului oleh guncangan gempa.

Menurut ahli meteorologi, Estael Sias seperti diberitakan UOl, tsunami yang menerjang Brasil bukan disebabkan aktivitas letusan gunungapi atau juga gempa bumi. Tapi karena ada fenomena atmosfer.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

"Hari ini ada front dingin yang menyebabkan badai kuat di laut yang mungkin menyebabkan gelombang yang, selaras dengan laut, menyebabkan tsunami tanpa menghasilkan gelombang tinggi, tetapi kemajuan laut ini di pantai," ujarnya.

Estael mengatakan, tsunami yang terjadi kali ini biasa disebut tsunami meteorologis. Tsunami serupa pernah terjadi pada 2016 di Santa Catarina dan saat itu tsunami meteorologis melanda 20 kota lainnya.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Terjangan sunami di Pantai Praia Do Cassino telah menyebabkan sejumlah kendaraan mengalami kerusakan parah. Sementara tidak ada korban jiwa dalam bencana ini.

Wanita di Brazil bawa pamannya yang sudah meninggal untuk pinjam uang ke bank

Viral Wanita Ini Bawa Mayat Pamannya Buat Pinjam Uang ke Bank

Wanita tersebut, yang bernama Erika de Souza Vieira Nunes diduga membawa mayat pamannya yang sudah meninggal ke bank untuk menandatangani perjanjian pinjaman.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024