Logo BBC

Suhu Lingkar Arktika Capai Rekor Tertinggi, Para Ilmuwan Cemas

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

A forest fire in central Yakutia (Sakha Republic in June 2020
Yevgeny Sofroneyev
Kebakaran hutan semakin parah akibat suhu tinggi dan angin kencang di Kutub Utara

Suhu di Lingkar Arktika besar kemungkinan mencapai rekor pada Sabtu (27/06) mendatang, dengan temperatur diperkirakan menyentuh 38 derajat celsius di Verkhoyansk, sebuah kota di Siberia, Rusia.

Catatan mengenai temperatur di Lingkar Arktika masih harus diverifikasi, namun tampaknya 18 derajat celsius lebih tinggi ketimbang suhu rata-rata maksimum harian pada Juni.

Cuaca panas pada musim panas bukan sesuatu yang jarang terjadi di Lingkar Arktika, namun suhu dalam beberapa bulan terakhir mencapai angka yang tinggi secara abnormal.

Kawasan Arktika diyakini mengalami pemanasan dua kali lebih cepat jika dibandingkan dengan rata-rata bagian dunia lainnya.

Verkhoyansk, yang dihuni sekitar 1.300 jiwa, berada di dalam Lingkar Arktika. Tahun ini kota itu mengalami iklim ekstrem, dari rata-rata -42 derajat celsius pada Januari hingga 20 derajat celsius pada Juni.

Namun, gelombang panas yang muncul terus-menerus di Lingkar Arktika membuat sejumlah ahli meteorologi khawatir. Pada Maret, April, dan Mei, dinas Copernicus Climate Change melaporkan bahwa suhu rata-rata mencapai 10 derajat celsius di atas normal.