Fasilitas Nuklir Iran Terbakar, Unsur Sabotase Dibantah

Kebakaran di fasilitas nuklir milik Iran yang diawasi langsung PBB.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Kebakaran hebat terjadi di fasilitas nuklir Iran di Natanz, Kamis pagi, 2 Juni 2020. Insiden ini tepatnya terjadi di sebuah bangunan di atas fasilitas pengayaan uranium bawah tanah tersebut. 

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Para pejabat di negara tersebut mengatakan, kebakaran itu tidak mempengaruhi operasi sentrifugalnya atau menimbulkan kebocoran radiasi. Dugaan sabotase masih diselidiki.

Dari dokumentasi, lantai bagian bawah fasilitas nuklir tersebut mengalami kerusakan akibat kebakaran. Kilang pemeliharaan bahan bakar Natanz ini merupakan pengembangan uranium utama Iran yang diawasi langsung oleh PBB.

Lihat lebih lengkap video liputan kebakaran di fasilitas nuklir Iran melalui video di bawah ini. 

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Sebelumnya juga terjadi ledakan besar dekat pangkalan militer Parchin, milik Pasukan Garda Revolusi Iran alias IRGC di sebelah timur Teheran. Peristiwa ini terjadi petang atau Rabu dinihari 1 Juli 2020 waktu Indonesia Barat. Berdasarkan informasi yang dihimpun, ledakan terjadi dekat dengan pabrik bahan peledak militer terbesar milik Iran.

Ancaman Mengerikan dari Presiden Iran Jika Israel Lakukan Hal Ini

Baca juga: Arab Saudi Lontar Kemarahan ke Iran Pasca Diserang Milisi Houthi

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Deegasi Korea Utara, dipimpin oleh menteri kabinet untuk perdagangan internasional, melakukan kunjungan ke Iran. Kehadiran ini memicu spekulasi hubungan kedua negara ini

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024