Haiti Digoncang Gempa Lagi

VIVAnews - Gempa berkekuatan 6,1 pada Skala Richter (SR) mengguncang Haiti lagi, Rabu pagi waktu setempat, 20 Januari 2010 (Rabu malam WIB). Gempa baru, pascagempa 7 Skala Richter pada Selasa pekan lalu itu mengguncang bangunan dan membuat korban gempa berteriak dan berlari ke jalanan.

U.S. Geological Survey (USGS) mengatakan, gempa kali terjadi pada pukul 6.03 pagi (1103 GMT), sekitar 35 mil (56 kilometer) barat laut ibukota Port-au-Prince. Kedalaman gempa 13,7 mil (22 kilometer), terlalu dalam untuk membentuk gelombang dari Lautan Karibia. Belum diketahui kerusakan tambahan apa saja yang terjadi.

Pekan lalu, gempa 7 SR diperkirakan menewaskan 200.000 orang di Haiti, menyebabkan 250.000 terluka, dan 1,5 juta orang menjadi tuna wisma. Bantuan kemanusiaan internasional telah dilakukan, tetapi tim berbagai negara beserta bantuan masing-masing masih berjuang mendistribusikan bantuan sehingga banyak korban gempa frustasi karena minimnya air dan makanan.

Namun tim pencari dan penyelamat berhasil menyelematkan sejumlah orang yang terperangkap reruntuhan bangunan, termasuk seorang pemeluk taat Katolik Roma yang berdoa selama satu pekan di bawah puing-puing bantuan hingga dia berhasil dikeluarkan. (AP)

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'
Ilustrasi harga tiket pesawat pendorong inflasi.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Anggota Komisi VI DPR RI yang juga Wakil Ketua Umum Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) Evita Nursanty menolak rencana pemungutan iuran dana pariwisata.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024