Bayi Lahir Tanpa Wajah, Dokter Kandungan di Portugal Diskors

Ilustrasi bayi.
Sumber :
  • Pexels

VIVAnews - Dewan Medis Portugal menskors seorang dokter kandungan yang diduga lalai, dalam sebuah kasus yang sangat mengejutkan di negara itu.

Foto-foto Kyarra Arunika Hasibuan Anak Jessica Mila Bikin Gemas, Netizen: Papanya Banget!

Seorang bayi bernama Rodrigo, lahir pada 7 Oktober lalu, tanpa hidung, mata maupun bagian dari tengkoraknya. Namun, kelainan tersebut baru diketahui, saat bayi itu lahir di sebuah rumah sakit di Setubal, sekitar 40 kilometer selatan kota Lisbon.

Dr Artur Carvalho mengikuti proses kehamilan ibu bayi itu di sebuah klinik swasta di Setubal. Ia juga telah meminta sang ibu, untuk mengikuti tiga ultrasonografi wajib untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan. Namun, dokter itu tidak melaporkan masalah apa pun kepada ibu Rodrigo.

Netizen Heboh Raffi Ahmad Unggah Foto Bareng Bayi Lily: Apakah Mirip Sama Cipung?

Kedua orangtua itu, hanya diberitahu tentang kemungkinan adanya anomali janin, setelah mereka meminta tes USG lebih lanjut pada bulan keenam kehamilan. Tetapi, dokter itu meyakinkan bahwa semuanya normal.

"Dia menjelaskan bahwa kadang-kadang, beberapa bagian wajah bayi memang tidak terlihat ketika wajah bayi terpaku pada perut ibu," kata Joana Simao, saudara perempuan ibu dari bayi tersebut, dilansir Channel News Asia, Kamis 24 Oktober 2019.

Babe Cabita Sempat Minta Umrah Lagi Sebelum Meninggal, Tapi Gak Ada yang Izinin

Dewan Medis Portugal dengan suara bulat memberikan suara pada awal pekan ini untuk menskors Dr Artur Carvalho dari pekerjaannya selama enam bulan. Dokter itu juga menerima enam keluhan lain, sejak 2013 lalu.

Dewan membuka penyelidikan kasus ini, setelah orangtua dari bayi yang terlahir cacat itu membuat pengaduan dan kelahirannya menjadi berita utama.

"Ada bukti kuat tentang kelalaian dokter, yang dapat menyebabkan sanksi disipliner," kata Kepala Dewan Medis Portugal, Alexandre Valentim Lourenco.

Lourenco mengatakan, mengingat dampak dari kasus ini, yang akan memengaruhi reputasi para dokter dan menimbulkan kekhawatiran para wanita hamil, maka tindakan skors tersebut diperlukan untuk evaluasi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya