Helikopter Sebar Wortel dan Kentang ke Hewan Terdampak Kebakaran Hutan

Seekor koala terluka akibat kebakaran hutan di Australia.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Kebakaran hutan besar-besaran Australia yang terjadi selama beberapa bulan terakhir menyebabkan hewan yang memiliki habitat asli di hutan turut terdampak dan kehilangan sumber makanan.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Untuk mengatasi hal itu, pemerintah Australia menggunakan helikopter dan pesawat terbang ke semak belukar dan ngarai, untuk memberi makan hewan-hewan dengan menyebarkan kentang dan wortel.

Layanan yang disebut sebagai 'Operation Rock Wallaby' itu ditugaskan oleh pemerintah New South Wales untuk mengirimkan sayuran dan memberi makan hewan seperti walabi berekor sikat. Menteri Lingkungan New South Wales, Matt Kean mengatakan bahwa staf telah menyebarkan ribuan kilogram makanan.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

Walabi ekor sikat dianggap sebagai salah satu hewan yang terancam, bahkan sebelum kebakaran terjadi. Saat ini hewan-hewan tersebut adalah salah satu dari banyak spesies di Australia yang terancam punah, menyusul perkembangan dramatis di negara itu.

Sebelumnya, anjing-anjing pelacak dikerahkan oleh tim penyelamat Australia untuk menyelamatkan koala di padang semak dan ngarai.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan bahwa setidaknya 25 orang telah meninggal, 2.000 rumah telah hancur, dan 15 juta hektare telah hangus di seluruh negeri sejak kebakaran hutan dimulai pada bulan September.

Negara bagian New South Wales (NSW) sangat terpukul. Sekitar 1000 rumah hancur di NSW hanya Januari ini. Pihak berwenang telah mengeluarkan peringatan darurat karena suhu diperkirakan akan melonjak hingga 40 derajat Celcius dan angin kencang akan menghambat upaya pemadam kebakaran.
 

Arkhan Fikri saat Indonesia U-23 menang atas Korea Selatan U-23

Pengamat Sepakbola Asing Sorot Timnas Indonesia: Gaya Main Mereka Langka di Asia

Pengamat sepakbola asal Australia, Paul Williams mengatakan gaya bermain Timnas Indonesia di Piala Asia U23 merupakan hal yang langka dijumpai di Asia.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024