Lihat Tindakan Korut ke Warga Tak Bermasker, Warga RI Lebih Beruntung

Sunan International Airport di Pyongyang
Sumber :
  • Wikipedia.org

VIVA – Korea Utara (Korut) telah menyatakan keadaan darurat setelah seseorang yang dicurigai terinfeksi virus Corona penyebab COVID-19 melintasi perbatasan dari Korea Selatan. Pemimpin Kim Jong-un langsung menggelar pertemuan darurat setelah seseorang dengan COVID-19 diduga secara ilegal melintasi perbatasan.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Dilansir The Sun, Kim Jong-un segera menyatakan keadaan darurat dan memberlakukan penguncian di kota perbatasan Kaesong. Media pemerintah melaporkan, Kim menyebut negaranya dalam situasi kritis setelah virus ganas memasuki Korut.

Diduga seseorang yang membelot ke Korea Selatan tiga tahun lalu kembali melintasi perbatasan yang memisahkan kedua negara awal bulan ini. Individu itu kemudian ditemukan memiliki gejala yang konsisten dengan COVID dan dikarantina. Kini pihak berwenang tengah melacak siapa pun yang melakukan kontak dengan orang tersebut.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Saat ini karantina ketat telah diberlakukan di Kota Kaesong, di mana Kim menyebutkan kota itu akan benar-benar ditutup dari dunia luar. Korea Utara merupakan salah satu negara pertama yang menutup perbatasannya sejak Januari 2020 kala saat itu virus Corona terdeteksi di China.

Korea Utara juga telah melakukan langkah-langkah sangat ketat untuk mencegah penyebaran virus Corona. Bahkan siapa pun yang tertangkap basah tidak mengenakan masker akan dihukum kerja paksa selama 90 hari atau tiga bulan.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Baca juga: Jokowi Kecewa Baru Sebagian Kecil Anggaran Penanganan Corona Diserap

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Deegasi Korea Utara, dipimpin oleh menteri kabinet untuk perdagangan internasional, melakukan kunjungan ke Iran. Kehadiran ini memicu spekulasi hubungan kedua negara ini

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024