Donald Trump Positif Corona, Bagaimana Nasib Jalannya Pemerintahan AS?

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump
Sumber :
  • Harper West

VIVA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan istrinya Melania akan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari ke depan. Keduanya dilaporkan positif terpapar virus corona (COVID-19).

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

Lantas, muncul pertanyaan, bagaimana jalannya pemerintahan Amerika Serikat selama kepala negara tak bisa melaksanakan tugasnya.

Di bawah Undang-Undang Suksesi Presiden, Wakil Presiden Mike Pence seharusnya akan turun tangan. Namun, jika Pence juga tidak bisa melakukan tugas tersebut, maka penerus kekuasaan kepresidenan selanjutnya akan diberikan ke Ketua DPR, Nancy Pelosi.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Dilansir dari The Guardian, Sekretaris Pers Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan, pada Mei lalu pemerintah tidak mempersiapkan kemungkinan bahwa Pelosi mungkin perlu turun tangan untuk menjalankan sementara tugas kepresidenan.

Baca Juga: Donald Trump dan Melania Positif COVID-19

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Trump dan Melania dinyatakan positif COVID-19 diduga setelah melakukan kontak dekat dengan staf pribadinya Hope Hicks yang lebih dulu terpapar virus corona.

Sejauh ini, Hicks tergolong staf Trump paling dekat yang teruji positif COVID-19. Hicks bepergian bersama Trump menggunakan pesawat Air Force One untuk menghadiri debat capres AS di Ohio awal pekan ini.

Sebelumnya, Trump juga menyampaikan kabar positif COVID-19 lewat akun Twitternya. Ia menyebut bersama istrinya Melanie tertular virus berbahaya tersebut.

"Malam ini, @FLOTUS dan saya dinyatakan positif COVID-19. Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kami akan melewati ini BERSAMA!" tulis Trump  di akun Twitternya, @realDonaldTrump. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya