Logo ABC

Syarat Baru Partner Visa ke Australia, Apa Dampaknya Bagi WNI?

Sejumlah pihak merasa syarat baru untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris tidak bisa jadi tolak ukur hubungan.
Sejumlah pihak merasa syarat baru untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris tidak bisa jadi tolak ukur hubungan.
Sumber :
  • abc

Indah Melindasari, agen migrasi terakreditasi di Perth mengaku sibuk sejak Rabu pagi (7/10), setelah mendengar adanya persyaratan baru untuk "partner visa" Australia.

Partner Visa: 
- Pemerintah Australia memperkenalkan syarat baru bagi mereka yang mengajukan "partner visa"
- Mulai pertengahan 2021, mereka harus menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris
- Warga Australia dengan pasangan di luar negeri khawatir dengan perubahan ini

Dalam pengumuman anggaran federal pada Selasa malam (6/10), Pemerintah Australia menyebutkan ada persyaratan bahasa Inggris yang harus dipenuhi bagi mereka yang mengajukan "partner visa".

Indah mengaku ia langsung menelepon sejumlah klien-nya yang hendak mengajukan "partner visa" setelah mendengar pengumuman tersebut.

"Ini akan sangat berdampak besar sekali untuk klien-klien kita, termasuk dari Indonesia," ujar Indah kepada Erwin Renaldi dari ABC Indonesia.

Indah Melindasari Indah Melindasari mengatakan syarat kemampuan berbahasa Inggris sebenarnya menguntungkan bagi mereka yang daftar 'partner visa'. (Koleksi pribadi)

Belum diketahui pasti apakah untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris tersebut akan menggunakan tes, seperti salah satunya IELTS, yang biasanya diambil oleh pelajar internasional dan pelamar jenis visa lainnya ke Australia.