Logo DW

Hidup Segan Mati Tak Mau Situs Kencan Online di Pakistan

picture-alliance/dpa/J. Schmitt-Tegge
picture-alliance/dpa/J. Schmitt-Tegge
Sumber :
  • dw

Tiga tahun berlalu dan Muhammad Ali Shah belum juga menemukan jodohnya di situs layanan kencan online di Pakistan. “Pilihannya tidak banyak” kata pengusaha 36 tahun itu kepada kantor berita Agence France-Presse - AFP.

Oleh teman-temannya, Ali dicibir “putus asa” atau “pelacur laki-laki" karena berbelas kali pergi berkencan tanpa pernah menjalin hubungan serius.

Norma sosial menjadi masalah bagi layanan kencan online di Pakistan. Di negeri yang lebih menganjurkan perjodohan oleh keluarga ketimbang pilihan bebas, perempuan cenderung absen dari layanan ini, dan kalaupun aktif, mereka berusaha merahasiakan identitas masing-masing lantaran mengkhawatirkan reaksi keluarga.

“Perempuan merasa tidak nyaman. Jadi mereka tidak menggunakan foto diri atau mengungkap nama asli. Jadi ini seperti main tebak-tebakan,” tutur Ali Shah.

“Kebanyakan saya hanya melewatkan profil mereka karena tidak ada gambar sama sekali. Tidak ada informasi asli juga. Nama mereka tidak tertera di sana,” imbuhnya. Dia mengaku membutuhkan waktu sebelum lawan bicaranya merasa aman dan mau membagi gambar atau bertemu untuk kencan.

“Saya tidak menyalahkan perempuan karena berhati-hati. Saya malah berpikir tindakan mereka cerdas,” tambah Ali Shah.

Budaya kencan nyaris tidak dikenal di Pakistan, di mana hubungan seksual di luar nikah atau homoseksualitas merupakan delik kriminal dan diancam hukuman kurung.