Kerja Sama Bilateral, Kuasa Usaha Tetap RI Bertemu Menkeu Madagaskar

Kuasa Usaha Tetap RI untuk Republik Madagaskar Benny Yan Pieter Siahaan (kiri).
Sumber :
  • KBRI Madagaskar

VIVA – Kuasa Usaha Tetap RI untuk Republik Madagaskar Benny Yan Pieter Siahaan melakukan kunjungan kehormatan kepada Menteri Perekonomian dan Keuangan Madagaskar Richard Randiarmandrato, di kantor Menteri Perekonomian dan Keuangan Madagaskar, Selasa, 20 Oktober 2020.

Rekor Dunia Kemenangan Paling Telak di Sepakbola 149-0, Kok Bisa?

Dalam pertemuan itu, Menteri Richard mengucapkan selamat datang kepada Kuasa Usaha Tetap (Kutap) RI sebagai Kepala Perwakilan Indonesia yang baru di Madagaskar. Dia mengharapkan ke depannya hubungan bilateral kedua negara dapat semakin meningkat. 

Menteri Richard juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas pertemuan Indonesia-Afrika Infrastructure Dialogue (IAID) pada 20-21 Agustus 2019, di Bali.

7 Negara di Dunia yang Mirip Indonesia, Presidennya Pun Berdarah Jawa

Baca juga: AS Blacklist 6 Perusahaan China gara-gara Berurusan dengan Iran

Saat itu, Menteri Richard hadir sebagai Ketua Delegasi mewakili Pemerintah Madagaskar. Dia juga menyayangkan bahwa akibat pandemi COVID-19 banyak peluang-peluang kerja sama yang dihasilkan dalam pertemuan tertunda akibat pandemik.

5 Negara Paling Terisolasi di Dunia selain Korea Utara

Selanjutnya, Kutap RI dan Menteri Perekonomian dan Keuangan membahas mengenai kerja sama bilateral kedua negara secara luas dalam bidang keuangan, investasi dan infrastruktur. Di antaranya adalah rencana kelanjutan dari berbagai kesepakatan hasil kunjungan Menteri BUMN RI tahun 2019, yaitu rencana proyek pembangunan rel kereta api, penambangan dan peluang investasi di bidang lain. 

Menteri Richard menyampaikan, peluang investasi dan kerja sama masih sangat terbuka lebar dengan program Plan d’Emergence (PEM) Presiden Andry Rajoelina yang antara lain befokus pada meningkatkan investasi, pembangunan infrastruktur, memperbaiki iklim investasi serta memberantas korupsi. 

Dalam kaitan ini, peluang kerja sama yang diangkat Menteri Richard untuk ditindaklanjuti oleh Indonesia, antara lain dalam bidang percetakan secured document printing/digital security, industri persenjataan termasuk pembuatan kapal, bidang farmasi khususnya obat generik serta kerjasama perbankan.

"Untuk ke depannya, Kedutaan Besar RI di Madagaskar akan terus berupaya memperkuat hubungan kerja sama antara RI dan Madagaskar," ujar Benny dalam keterangan pers, Selasa, 20 Oktober 2020.

Laporan Yanri Subekti (tvOne, Amerika Serikat)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya