7 Negara di Dunia yang Mirip Indonesia, Presidennya Pun Berdarah Jawa

Pulau Cocos.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Dunia ini mempunyai banyak kesamaan, dan bahkan bisa dikatakan semua di dunia ini memiliki tujuh kembaran. Begitu pula dengan tujuh negara di dunia yang mirip Indonesia. Kemiripan bisa terjadi lantaran faktor alamiah yang dilakukan alam, maupun faktor yang disengaja manusia. Berikut ulasan selengkapnya. 

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

1. Madagaskar

Peresmian Taman Persahabatan Indonesia di Madagaskar.

Photo :
  • KJRi Madagaskar
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Negara Madagaskar yang terletak di Afrika Timur sebagian besar dihuni oleh orang yang mirip Indonesia. Bahkan, nenek moyang Madagaskar berasal dari Indonesia, menurut penelitian Murray Cox dari Universitas Massey di Selandia Baru.

Dulu, 30 perempuan pertama yang mendarat di pulau itu berasal dari Indonesia. Mereka tiba pada abad ke-9 atau lebih dari 1.000 tahun yang lalu, dan secara turun temurun menjadi koloni suku Malagasi, hingga kini terus berkembang hingga berpenduduk 29,6 juta jiwa, dengan ibu kota di Antananarivo.

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

2. Monaco

Monaco

Photo :
  • geojango

Negara ini sering diperbincangkan oleh orang Indonesia karena kesamaan warna pada bendera negaranya. Warna bendera merah putih, serta tata letak merah atas dan putih bawah, membuat kedua bendera nasional kedua negara sulit dibedakan.

Namun terdapat perbedaan ukuran, rasio lebar-panjang bendera Indonesia adalah 2:3 sehingga terlihat panjang dan tipis, sedangkan rasio lebar-panjang bendera Monaco adalah 4:5 sehingga bentuk tersebut hampir mendekati persegi.

3. Hessen

Gerbang Brandenburg, Berlin, Jerman.

Photo :
  • Pixabay.

Hessen adalah sebuah negara bagian di Jerman dengan populasi 6,3 juta jiwa. Uniknya, negara ini memiliki bendera yang sama dengan Indonesia. Hal yang sama berlaku untuk bendera Maroko, tetapi bendera Hessen tidak dapat dibedakan karena bentuknya yang menyerupai bendera Indonesia.

4. Pulau Natal

Pulau Christmas.

Photo :
  • http://infoklopedia.blogspot.com/

Pulau Natal atau Pulau Christmas adalah negara wilayah bergantung yang belum mencapai kemerdekaan penuh karena alasan tertentu. Negara yang terletak di selatan pulau Jawa ini memiliki jumlah penduduk yang hampir mirip dengan penduduk Indonesia. Sebagian besar penduduknya adalah keturunan Melayu dan hampir 20% penduduknya beragama Islam.

5. Kaledonia Baru

Gagak Kaledonia Baru sedang menggunakan alat

Photo :
  • gstatic.com

Kaledonia Baru adalah sebuah negara yang terletak di Samudera Pasifik. Uniknya, penduduk negara ini mirip dengan penduduk Indonesia. Pada tahun 1896, para pekerja Jawa datang ke pulau itu untuk menetap dan bekerja. Jadi jangan heran jika berkunjung ke negara ini, banyak orang keturunan Jawa dan bahkan bahasa Jawa digunakan sebagai bahasa sehari-hari. 

Suriname

Photo :
  • Treehugger

Tidak hanya Kaledonia Baru, Suriname, mirip dengan Indonesia, memiliki banyak keturunan Jawa. Hampir 15% dari 618.000 penduduk Suriname adalah orang Indonesia. Sekitar 33.000 orang Jawa bermigrasi ke Suriname antara tahun 1890-1939.

Bahkan ada orang keturunan Jawa yang menjadi pejabat pemerintah, salah satunya Raymond Sapen, warga asli Jawa dari Banyumas yang mencalonkan diri sebagai presiden pada 2015.

7. Kepulauan Cocos

pulau cocos (keeling) untuk basis pengintai

Photo :
  • Panoramio/Susan Holiday

Kepulauan Cocos terletak di barat daya Pulau Jawa, bersebelahan dengan Pulau Natal, dan penduduknya sebagian besar adalah keturunan Jawa dan Melayu Kalimantan. Kapten John Clunies-Ross, Raja Kepulauan Cocos, membawa pekerja dari Jawa dan Kalimantan Melayu ke Kepulauan Cocos untuk memanen biji kakao pada tahun 1827.

Pada akhirnya mereka tetap tinggal di Pulau Cocos hingga pulau tersebut berkembang pesat hingga mencakup 75% dari total populasi yang mayoritas beragama Islam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya