Logo DW

Umat Muslim di Athena Yunani Kini Punya Masjid Resmi

Ayhan Mehmet/AA/picture alliance
Ayhan Mehmet/AA/picture alliance
Sumber :
  • dw

Masjid resmi pertama di Athena, yang tertunda selama lebih dari seabad, membuka pintunya bagi umat Islam, demikian disampaikan komunitas muslim ibu kota Yunani. Proyek pembukaan masjid tersebut diluncurkan pada tahun 2007.

Dengan dibukanya masjid di Athena ini, menandai berakhirnya status Athena sebagai satu-satunya ibu kota di Eropa yang tidak memiliki masjid.

Peresmian masjid itu mendapat tentangan kuat dari Gereja Ortodoks yang berpengaruh di Yunani, serta dari kelompok nasionalis, demikian dilansir dari kantor berita AFP.

Peresmian dibatasi karena pandemi corona

“Athena akhirnya akan memiliki tempat ibadah bagi penduduk muslim," kata Naim el Gadour, presiden Persatuan Muslim Yunani kepada AFP.

Namun, tidak ada acara peresmian resmi, karena adanya pembatasan terkait wabah virus corona, menurut Zaki Sidi Mohammed, imam masjid keturunan Maroko.

Kementerian Pendidikan dan Urusan Agama Yunani mengumumkan bahwa dengan bahaya corona saat ini, hanya sekitar 10 orang pada satu waktu bersamaan yang diizinkan untuk melaksanakan salat di masjid.