Joe Biden Bakal Jadi Presiden AS Tertua dalam Sejarah

Capres AS Joe Biden dalam sesi debat terakhir Pilpres AS 2020
Sumber :
  • Andrew Nelles / The Tennessean

VIVA – Joseph Robinette 'Joe' Biden dipastikan memenangkan pemilihan umum dan akan dilantik sebagai Presiden ke-47 Amerika Serikat. Bersama wakil presiden Kamala Harris, keduanya akan memimpin Negeri Paman Sam selama empat tahun ke depan.

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

Biden dari Partai Demokrat dipastikan memenangkan pemilu setelah mendapatkan total 290 suara Electoral College. Biden mengamankan cukup negara bagian untuk menempatkannya di atas ambang 270 suara elektoral, dan mengakhiri empat tahun kepresidenan Trump, menurut proyeksi Fox News.

Berdasarkan penghitungan Fox News, Sabtu 7 November 2020, Joe Biden akan memenangkan negara bagian Nevada dan persemakmuran Pennsylvania, sehingga memberinya suara elektoral yang dibutuhkan untuk memenangkan Gedung Putih. 

AS Ancam Setop Kirim Senjata ke Israel Jika Nekat Serang Wilayah Rafah

Baca juga: Donald Trump Tolak Kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS

Joseph Robinette Biden Jr lahir pada 20 November 1942 dan dibesarkan di Scranton, Pennsylvania, dalam sebuah keluarga Katolik Irlandia. Ayahnya adalah seorang penjual mobil, namun ketika kota itu mengalami masa sulit pada tahun 1950-an dan kehilangan pekerjaan, keluarga Biden pindah ke Delaware. Biden menempuh pendidikan di Universitas Delaware dan sekolah hukum Universitas Syracuse.

Di usianya yang akan menginjak 78 tahun bulan ini, Biden akan menjadi Presiden AS dengan usia tertua saat menjabat. Laporan menyebut Biden memiliki tinggi 180 sentimeter dan berat 80 kilogram. Tekanan darahnya 128/84.

Insiden kesehatan yang paling patut diperhatikan dalam riwayat medisnya adalah pendarahan intrakranial dari aneurisma otak pada 1998. Kondisinya saat itu sangat parah, sehingga seorang pendeta sampai dipanggil untuk memberi ucapan terakhir.

Biden memasuki politik nasional di usia 29 tahun, dengan kemenangan mengejutkan Senat AS di Delaware pada 1972. Dia menjadi salah satu senator termuda dan menghabiskan lebih dari tiga dekade di majelis tinggi sebelum akhirnya menjadi wakil presiden di era Barack Obama selama 8 tahun

Biadab, Tentara Israel Hancurkan Puluhan Rumah Badui di Gurun Negev
Palestina Mengecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

9 Negara Ini Tolak Palestina Jadi Anggota PBB, Salah Satunya Tetangga RI

Majelis Umum PBB memberikan mayoritas suaranya untuk mendukung resolusi yang menyerukan Palestina untuk menjadi anggota PBB. Ada 9 negara yang menolak resolusi tersebut

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024