Logo DW

Negara-negara Termasuk RI Teken Perdagangan Bebas Terbesar RCEP

Kham/REUTERS
Kham/REUTERS
Sumber :
  • dw

Lima belas negara di kawasan Asia-Pasifik telah menandatangani perjanjian perdagangan bebas terbesar di dunia, yang diharapkan akan mempercepat pemulihan ekonomi setelah dilanda pandemi virus corona.

Regional Comprehensive Economic Partnership atau RCEP, ditandatangani pada hari Minggu (15/11) di sela-sela KTT tahunan ASEAN, yang diadakan melalui konferensi video. KTT virtual diselenggarakan oleh Vietnam yang pada gilirannya menjadi tuan rumah konferensi.

Kesepakatan RCEP, yang ditandatangani hampir satu dekade setelah negosiasi pertama, mencakup 2,2 miliar orang dan sepertiga dari ekonomi dunia.

Pakta tersebut akan menurunkan tarif, membuka sektor jasa dan menetapkan aturan perdagangan umum di dalam kawasan tersebut. Perjanjian itu juga mencakup investasi, e-commerce, telekomunikasi dan hak cipta. Namun, perlindungan lingkungan dan hak tenaga kerja bukan bagian dari kesepakatan.

Jadikan Cina Jawara

Perjanjian ini mencakup 10 negara anggota ASEAN; Vietnam, Thailand, Filipina, Laos, Kamboja, Myanmar, Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Brunei - bersama dengan Australia, China, Jepang, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Yang tidak hadir adalah India, yang menarik diri dari negosiasi RCEP tahun lalu dengan alasan kekhawatiran akan membuka persaingan asing pada sektor pertanian dan manufakturnya.