Logo BBC

Foto Petani Tua India yang Dipukul Polisi jadi Viral

Polisi mengayunkan pentung ke arah petani tua.-PTI
Polisi mengayunkan pentung ke arah petani tua.-PTI
Sumber :
  • bbc

Foto seorang polisi paramiliter yang mengayunkan tongkat kayu ke arah pria Sikh tua menjadi momen menentukan dalam protes para petani India yang masih berlanjut.

Foto yang dibidik oleh Ravi Choudhary, seorang jurnalis foto Press Trust of India (PTI), menjadi viral di media sosial.

Foto itu juga menyebabkan ketegangan politik di dalam negeri. Para politikus oposisi menggunakan foto itu untuk mengkritik cara pemerintah menangani para petani, sementara partai Perdana Menteri Narendra Modi, Bharatiya Janata Party (BJP) mengklaim bahwa petani itu tidak terkena pukulan, klaim yang salah.

Ratusan ribu petani mengepung Delhi dalam beberapa hari terakhir, menutup hampir semua titik masuk ke ibu kota India itu.

Mereka memprotes undang-undang yang dikeluarkan baru-baru ini yang menurut para petani merugikan mereka. Pemerintah mengatakan reformasi dengan membuka sektor pertanian ke pihak swasta, tidak akan merugikan petani.

Namun para petani tak percaya dan ribuan di antara mereka menuju Delhi, dan dihadang dengan barikade di perbatasan ibu kota.

Saat mereka tiba dalam konvoi traktor dan dengan berjalan kaki, puluhan ribu polisi dan tentara paramiliter dikerahkan untuk menghentikan arus petani ke ibu kota, yang menyebabkan bentrokan.