Logo DW

Skeptisme Sains di Gereja Ortodoks Yunani Hadapi Realita Pandemi

picture-alliance/AP Photo
picture-alliance/AP Photo
Sumber :
  • dw

Setidaknya lima petinggi Gereja Ortodoks Yunani terjangkit virus corona dalam beberapa bulan terakhir. Salah seorangnya dikabarkan meninggal dunia. Termasuk di antaranya adalah Uskup Agung Ieronymos.

Uskup berusia 82 tahun itu sempat dirawat selama hampir dua pekan di rumah sakit. “Saya ketakutan dan merasakan sakit, seperti juga orang lain,” kata Ieronymos setelah dinyatakan sembuh, 30 November lalu.

Covid-19 dikabarkan juga mewabah di kompleks biara Ortodoks Timur di Gunung Athos, di utara Yunani. “Awalnya gereja gagal menyadari cakupan masalahnya,” kata Chrysostomos Stamoulis, Guru Besar Teologi Dogmatis di Universitas Aristotle di Thessaloniki.

“Dalam beberapa kasus, mereka cenderung bersikap arogan, di mana petinggi gereja meyakini dirinya kebal.”

Ketika pembatasan sosial terakhir kali diberlakukan, asosiasi kepastoran Yunani mengeluhkan betapa protokol kesehatan bersifat “berlebihan” dan “membunuh kebebasan beragama.”

Ieronymos yang berpandangan moderat, sebaliknya mengimbau umat agar “menaati aturan dan kebijakan yang dikeluarkan otoritas kesehatan.”

Menurut Alexandros Sakellariou, peneliti agama di Universitas Terbuka Hellenik, respon dewan keuskupan terhadap kebijakan pandemi “problematis.”