Indonesia Amankan 100 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca dan Novavax

Menlu Retno Marsudi dalam acara Global Town Hall 2020.
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA – Pemerintah Indonesia kembali mengamankan perjanjian suplai 100 juta dosis vaksin COVID-19 dari AstraZeneca dan Novavax, masing-masing sebanyak 50 juta dosis.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

"Selain vaksin Sinovac, hari ini kita juga berhasil mengamankan suplai vaksin yaitu dari AstraZeneca dan Novavax, masing-masing sebesar 50 juta dosis. Penandatanganan pengamanan supply vaksin telah kita lakukan hari ini," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual, Rabu 30 Desember 2020.

Baca juga: EBITDA Intermedia Capital Tumbuh 70 Persen saat Pandemi COVID-19

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Menlu Retno mengatakan, diplomasi Indonesia terus bekerja untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia, Gavi dan pihak lainnya, untuk mengamankan akses vaksin melalui mekanisme COVAX-AMC.

"Dapat saya sampaikan bahwa Indonesia termasuk satu dari sedikit negara, yang telah mengamankan vaksin untuk keperluan dalam negeri," ujar Retno.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Namun ia memastikan, di saat yang sama, Indonesia juga ikut berkontribusi melalui Coalition for Epidemic Preparedness Inovations (CEPI), untuk pengadaan vaksin dunia. Ini membuktikan Indonesia tak hanya memikirkan kebutuhan dalam negeri, namun juga berkontribusi agar negara lain memperoleh akses vaksin setara.

Selain itu, menlu menegaskan, diplomasi RI juga bergerak untuk melancarkan pertukaran data scientific bagi pemberian emergency use authorization. Dalam konteks ini, pihak Kementerian Luar negeri telah melakukan pertemuan virtual antara tim Indonesia dan Turki, juga termasuk dengan Brasil. (art)

Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024