Vietnam Catat Kasus Pertama Varian Baru COVID-19

Warga Vietnam
Sumber :
  • Washington Post

VIVA – Vietnam telah mendeteksi kasus pertama dari varian baru COVID-19. Varian itu terdeteksi pada seorang wanita berusia 44 tahun, yang baru saja kembali dari Inggris.

3 Gejala COVID-19 Varian Arcturus yang Patut Diwaspadai

Dalam pernyataan Kementerian Kesehatan Vietnam, wanita tersebut sedang dikarantina pada saat kedatangan. Setelah dilakukan uji swab, ia dinyatakan positif terkena varian baru tersebut pada 24 Desember 2020.

"Para peneliti menjalankan pengurutan gen pada sampel pasien dan menemukan strain tersebut adalah varian yang dikenal sebagai VOC 202012/o1," demikian pernyataan Kemenkes Vietnam, seperti dikutip Channel News Asia, Sabtu 2 Januari 2021.

Muncul COVID-19 Varian Arcturus, Apa Itu?

Baca juga: Kasus Positif COVID-19 di Amerika Serikat Lampaui 20 Juta Orang

Varian tersebut termasuk mutasi genetik yang dapat menyebabkan virus menyebar lebih mudah di antara manusia. Negara-negara di seluruh dunia telah menutup perjalanan dari Inggris, untuk menghentikan penyebaran varian baru, yang disebut 70 persen lebih menular dari virus aslinya.

Dinkes DKI Jakarta Pastikan COVID-19 Varian Arcturus Belum Ditemukan di Ibu Kota

Saat ini, pemerintah Vietnam masih mengoperasikan penerbangan untuk proses repatriasi, membawa warganya yang terjebak di Inggris pulang di tengah pandemi.

Selain itu, dengan tindakan karantina dan pelacakan yang ketat, sejauh ini Vietnam menjadi salah satu negara yang cepat mengatasi wabah virus Corona, sehingga memungkinkan aktivitas ekonomi pulih lebih cepat daripada sebagian besar Asia. Vietnam mencatat 1.474 kasus COVID-19 dan 35 kematian.

Ilustrasi Swab Test COVID-19

Dinkes DKI Ungkap Gejala Baru COVID-19 Varian Arcturus: Mata Merah dan Belekan

Varian baru COVID-19 ini awalnya dilaporkan muncul di India.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2023