Pidato Trump yang Menyulut Aksi Massa Duduki Capitol Hill AS

Donald Trump saat kampanye pemilihan Presiden AS 2020
Sumber :
  • Twitter @realDonaldTrump

VIVA – Massa pendukung Presiden Donald Trump menerobos barikade pengamanan Capitol Hill atau Gedung Kongres Amerika Serikat (AS) jelang pengukuhan kemenangan Presiden AS terpilih Joe Biden, Rabu siang waktu setempat. 

Elektabilitas Joe Biden Hancur Akibat Dukung Israel, Donatur Partai Demokrat Murka

Sempat terlibat aksi saling dorong dengan aparat hingga akhirnya ratusan orang berhasil menerobos penghalang yang dipasang di sepanjang parimeter Capitol dan membuat kericuhan. Massa berupaya menghentikan penghitungan seremonial dari suara elektoral yang akan mengonfirmasi kemenangan Presiden terpilih Joe Biden.

Polisi mengatakan para demonstran berhasil masuk ke dalam gedung dan menduduki gedung senat. Para demonstran tampak menduduki kursi-kursi senat dan berdiri di atas panggung senat dengan mengibarkan bendera AS.

Jenderal Amir Hajizadeh: Insya Allah Kami Akan Bunuh Donald Trump

Petugas dari Secret Service dan polisi langsung mengevakuasi Wakil Presiden Mike Pence dari ruang Kongres.

Seorang wanita, yang belum diidentifikasi, meninggal setelah ditembak di dadanya di halaman Capitol, polisi DC mengonfirmasi kepada CNN. Seorang juru bicara polisi mengatakan rincian tambahan akan diberikan kemudian. 

Eks Konsultan Trump Dinyatakan Bersalah karena Remehkan Kongres AS

Sementara itu, Kepala Polisi DC Robert Contee mengatakan tiga orang lainnya meninggal karena keadaan darurat medis selama kerusuhan itu. Dengan demikian empat orang dilaporkan tewas selama kericuhan di Capitol.

Kekacauan yang terjadi di Gedung Kongres ini ditengarai respons massa pendukung atas pidato Trump yang mendesak para pendukungnya untuk berperang melawan penghitungan seremonial dari suara elektoral yang akan mengonfirmasi kemenangan Joe Biden.

Dalam pidatonya, Presiden Donald Trump menyatakan tidak akan pernah menyerah saat Kongres bersiap bertemu untuk menghitung dan mengesahkan kemenangan Presiden terpilih Joe Biden.

Trump bersikeras kepada puluhan ribu orang yang berkumpul pada hari Rabu di Ellipse dekat Gedung Putih bahwa kemenangannya telah dicuri oleh Demokrat.

"Kami tidak ingin melihat kemenangan pemilu kami dicuri oleh Demokrat kiri radikal, itulah yang mereka lakukan, dan dicuri oleh media berita palsu, itulah yang telah mereka lakukan dan apa yang mereka lakukan," kata Trump, Rabu.

"Kami tidak akan pernah menyerah dan tidak pernah menyerah," tegas Trump. 'Kami akan menghentikan pencurian.”

Trump kemudian menyampaikan konspirasi bahwa Wakil Presiden Mike Pence sebenarnya dapat memblokir kemenangan Biden selama rapat gabungan Kongres Rabu, untuk menghitung suara elektoral dan membuat pemilihan resmi Biden.

"Jika Mike Pence melakukan hal yang benar, kami memenangkan pemilihan," kata Trump. "Negara ingin memilih ulang. Negara bagian ditipu, mereka diberi informasi palsu dan sekarang mereka menginginkannya kembali."

"Yang harus dilakukan Pence adalah mengirimkannya kembali ke negara bagian dan kami menjadi presiden, dan Anda adalah orang yang paling bahagia," tambah Trump.

Pence, yang  memimpin sesi bersama Kongres hari Rabu, memiliki peran seremonial yang ketat, sesuai dengan Konstitusi AS. Pence dilaporkan telah mengatakan ini kepada Trump, tetapi Trump terus menekan Pence secara terbuka, untuk memblokir kemenangan Biden, tindakan yang menurut banyak ahli hukum pemilu sebagai tindakan ilegal.

Mereka berpendapat bahwa Pence tidak memiliki kewenangan konstitusional atau hukum untuk mengeluarkan pemilih yang telah disertifikasi secara hukum oleh negara bagian. 

Bahkan jika Pence mencoba mengikuti perintah Trump, setiap upaya akan ditolak oleh mayoritas Dewan Demokrat dan Senat di mana beberapa Republikan dalam catatan mengatakan mereka tidak akan mendukung upaya apa pun untuk menumbangkan hasil pemilihan.

Salah satu dari Partai Republik itu, Senator Utah Mitt Romney, yang telah berbicara menentang Trump selama bertahun-tahun, mengatakan bahwa retorika Trump untuk membatalkan pemilu telah mempermalukan jabatan kepresidenan.

"Saya yakin bahwa kami akan melanjutkan sesuai tuntutan Konstitusi dan mengatakan yang sebenarnya kepada pendukung kami-apakah mereka ingin mendengarnya atau tidak," kata Romney kepada wartawan Rabu pagi, menurut kantor berita Associated Press.

"Presiden Trump tidak menghormati pemilih Amerika, tidak menghormati sistem pemilihan dan telah mempermalukan kantor kepresidenan," kata Romney. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya