Logo BBC

Jaket Melania Trump Bertuliskan Saya Tak Peduli Jadi Sorotan

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Setelah empat tahun masa jabatan Presiden Donald Trump, Amerika Serikat kini bersiap untuk menyambut kepemimpinan baru pada 20 Januari.

Kami mengumpulkan beberapa momen penting dari masa kepresidenannya, mulai dari pertemuan-pertemuan dengan para pemimpin dunia, jaket yang digunakan ibu negara Melania Trump, dengan tulisan "Saya tak peduli, apakah kamu peduli", hingga tamu-tamu selebriti di Gedung Putih.

Crowds at the 2017 inauguration
Reuters

Kerumunan orang pada upacara pelantikan Trump sebagai Presiden AS pada 20 Januari 2017.

Beberapa hari setelah upacara tersebut, Trump menuduh media berbohong tentang jumlah orang yang hadir pada hari itu, dan mengklaim bahwa rekaman TV dan foto acara pelantikan membuat tingkat kerumunan terlihat lebih kecil daripada yang sebenarnya.

Sekretaris Pers Gedung Putih, Sean Spicer, mengatakan kepada media bahwa massa saat itu adalah "jumlah penonton terbesar yang pernah menghadiri acara pelantikan, titik".

Presiden baru itu dilaporkan marah atas perbandingan yang tidak menguntungkan dengan foto-foto dari pelantikan Barack Obama pada tahun 2009 yang menunjukkan jumlah penonton yang jauh lebih besar.

White Supremacists take part in a Unite the Right rally in Charlottesville, Virginia, on 11 August 2017
Getty Images

Aksi unjuk rasa dengan membawa obor oleh kaum nasionalis sayap kanan dan kelompk kulit putih menelusuri Charlottesville, Virginia, pada Agustus 2017 menarik perbandingan dengan Ku Klux Klan.