Logo DW

Uni Eropa Kecewa atas Penundaan Vaksin COVID-19 AstraZeneca

Jason Cairnduff/REUTERS
Jason Cairnduff/REUTERS
Sumber :
  • dw

Uni Eropa (UE) menyatakan kekecewaannya terhadap AstraZeneca pada hari Rabu (27/01), dengan mengatakan bahwa raksasa farmasi Inggris-Swedia itu mengingkari perjanjian vaksin virus corona dengan UE.

Komisaris Eropa untuk Kesehatan Stella Kyriakides mengatakan bahwa UE memiliki "kekhawatiran yang serius mengenai niat AstraZeneca untuk memasok dosis yang jauh lebih sedikit dalam beberapa minggu mendatang daripada yang disepakati dan diumumkan."

"Kami telah melakukan semua upaya untuk menyelesaikan situasi ini," kata Kyriakides. "Kami mengadakan pertemuan ketiga pada Senin (25/01) malam, yang lagi-lagi menghasilkan penjelasan yang tidak memadai dari perusahaan, dan ketidakpuasan yang mendalam di antara Negara Anggota UE."

'Tidak dapat diterima'

‘‘Pandangan bahwa AstraZeneca tidak berkewajiban untuk mengirimkan vaksin karena kami menandatangani perjanjian ‘upaya terbaik‘ adalah tidak benar dan tidak dapat diterima," katanya.

Kyriakides juga mengatakan bahwa dalam kontrak yang ditandatangani UE dengan AstraZeneca terkait pengiriman vaksin COVID-19, produsen obat tersebut berkomitmen untuk mengirimkan dosis dari empat pabrik, termasuk dua di Inggris.

"Kami selalu terbuka untuk berdiskusi dengan perusahaan guna menyelesaikan setiap masalah besar yang ada," tambahnya.