mRNA: Vaksin Masa Depan dan Kunci Ketahanan Nasional?

Buka Puasa Bersama Presiden Direktur PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana)
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

JAKARTA – PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana) diketahui tengah memproduksi vaksin SARS-CoV-2 dengan teknologi mRNA. Vaksin dengan teknologi mRNA ini diketahui tidak menggunakan virus atau kuman yang dilemahkan atau dimatikan, melainkan komponen materi genetik yang direkayasa agar menyerupai kuman atau virus tertentu. Dengan demikian, vaksin ini dapat memicu reaksi kekebalan tubuh layaknya virus dan kuman yang dilemahkan pada vaksin biasa.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

“mRNA ini kita bisa produksi lokal di Indonesia, cuma secara strainnya disesuaikan dengan varian terbaru. Kalau kita lihat di indonesia kan dulu pertama kali Wuhan strain, kemudian muncul omicron, delta,  ini kita sesuaikan dengan efikasi terhadap strain yang terbaru di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana), Nathan Tirtana dalam acara buka puasa bersama dengan awak media di kawasan Menteng Jakarta Pusat, Kamis 14 Maret 2024.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Lebih lanjut diungkap oleh Nathan Tirtana bahwa untuk saat ini vaksin tersebut sudah masuk dalam tahap finalisasi fase ketiga. Dengan menggunakan teknologi mRNA ini juga akan semakin mempercepat dalam memproduksi vaksin. Sebab, dengan teknologi ini tidak perlu lagi melakukan uji klinis dari awal kembali.

“Kita dalam waktu konklusi, finalisasi tahap tiga. Ke depan sesuai dengan WHO ketika ada strain baru kita tidak perlu clinical trail lagi. Memang sekarang kita liat uji coba lewat hewan saja sudah bisa. Jadi tidak perlu uji klinik lagi dari awal, strainnya ini nanti tinggal kita ubah strainnya karena backbound sama,” kata dia lebih lanjut. 

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Meski saat ini kasus COVID-19 sudah menurun, namun Nathan optimis dengan adanya vaskin dengan teknologi mRNA ini akan semakin mempermudah Indonesia dalam memproduksi vaksin sendiri. Sehingga insiden saat pandemi COVID-19 di tahun 2020 lalu tidak lagi terulang, dimana Indonesia harus mendatangkan atau mencari vaksin dari luar negeri. 

“Pada akhirnya kita jangan sampai ketika ada pandemi tidak ada pabrik yang bisa produksi mRNA dan sekarang kita tahu di seluruh dunia setiap tahun karena COVID selalu berubah selalu ada vaksinasi untuk COVID. Ini akan kita jaga, dalam arti Indonesia kalau ada pandemi  dibutuhkan, kita bisa dengan cepat karena mRNA ini paling cepat diproduksi. Enggak ada lagi minta atau beli dari negara lain,” ujarnya.

Dengan adanya teknologi mRNA ini juga menjadi salah satu modalitas ketahanan negara dari sisi kesehatan. 

“Kita bisa sendiri dan mRNA ini paling cepat untuk develop vaksin dan ini merupakan platform dicari seluruh, untuk ketahanan nasional. Ketika ada pandemi apapun, platform mRNA ini paling cepat yang bisa digunakan suatu negara untuk produksi vaksin. Aktivitas ini butuh waktu bertahun-tahun, mRNA ini cuman butuh waktu 3 bulan,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya