Kasus Infeksi COVID-19 Turun, Spanyol Siap Buka Kembali Hiburan Malam

Ilustrasi klub malam.
Sumber :
  • www.pinterest.com

VIVA – Spanyol bersiap membuka kembali kehidupan malam di wilayah dengan tingkat infeksi virus corona yang rendah. Pembukaan kembali klub malam, bar, tempat disko diharapkan terjadi pada pertengahan Agustus, kata menteri kesehatan usai bertemu dengan otoritas regional,  Rabu 2 Juni 2021.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Wilayah dengan tingkat infeksi selama 14 hari di bawah 50 kasus per 100.000 orang akan dapat membuka diskotik dan klub hingga pukul 3 pagi, meskipun beberapa pembatasan akan berlanjut.

Media setempat melaporkan grup dengan maksimal enam orang harus tetap menggunakan masker di dalam klub. Tidak jelas apakah lantai dansa akan diizinkan.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Standar kesehatan diatur daerah masing-masing di Spanyol, meski menurut menteri kesepakatan ini bersifat mengikat.

"Kembali ke normal secara bertahap dan progresif diperlukan. Pelajaran harus dipetik," kata Menteri Kesehatan Spanyol, Carolina Darias, kepada wartawan seperti dilansir CNA, Kamis 3 Juni 2021.

Solidaritas Palestina, Ribuan Warga Spanyol Turun ke Jalan Desak Pemerintah Boikot Israel

Di Madrid, bar dan restoran buka hingga pukul 1 pagi, meski kota itu merupakan salah satu dari lima wilayah teratas dengan tingkat infeksi tertinggi.

Tingkat infeksi keseluruhan Spanyol turun menjadi 118,5 kasus per 100.000 pada hari Rabu, hampir setengahnya sejak akhir April. Meskipun ada penurunan drastis dalam kematian, angka kematian resmi COVID-19 pada hari Rabu sudah melewati angka 80.000.

Di daerah berisiko menengah dengan tingkat infeksi yang menurun, tempat-tempat hiburan malam juga dapat dibuka tetapi dengan kapasitas dalam ruangan 30 persen.

Proposal memperpanjang waktu operasi tempat-tempat hiburan malam mendapat sambutan hangat pelaku usaha itu. 

"Satu-satunya kabar baik adalah mereka membiarkan kami buka, tapi jelas itu tidak layak dibuka sampai jam 2 pagi,” kata Ramon Mas, kepala asosiasi kehidupan malam Spanyol Espana de Noche, mengatakan kepada penyiar TVE.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya