Logo BBC

Cerita Sosialita Tajir Hijrah Jadi Biarawati dan Tinggalkan Kemewahan

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Sister Mary Joseph in her nun`s habit with a flower crown
Courtesy of Mark Miller
Sister Mary Joseph menghabiskan enam puluh tahun pertamanya sebagai sosialitas San Fransisco, Ann Russell Miller.

Seorang biarawati berusia 92 tahun, yang mengambil sumpah untuk hidup dalam keheningan, kesendirian dan kemelaratan, telah tutup usia di dalam biara yang telah ia tempati selama lebih dari tiga dekade. Namun, sebelum itu, kehidupan biarawati Mary Joseph ini jauh dari kata sederhana.

Sebelum menjadi seorang biarawati, ia dikenal sebagai Ann Russell Miller, seorang sosialita tajir dari San Fransisco yang kerap menggelar pesta-pesta mewah. Ibu sepuluh anak ini pun rutin menonton pertunjukan opera dengan harga mahal.

Lahir tahun 1928, Ann punya mimpi menjadi seorang biarawati. Tapi mimpi itu terbendung setelah jatuh cinta dengan pria bernama Richard Miller

Pada usia 20 tahun, dia menikah dengan Richard, yang menjadi wakil presiden Pacific Gas and Electric, sebuah perusahaan energi.

"Pada usia 27 tahun, ia punya lima anak," kata anak bontotnya, Mark Miller, "Lalu, dia punya lima anak lagi - seperti tim bola basket yang masing-masing terdiri dari laki-laki dan perempuan. Dia menyebutnya Keluarga Berencana.

"Dia punya begitu banyak teman. Dia merokok, minum minuman beralkohol, hobi bermain kartu. Dia juga penyelam di perairan terbuka."