Logo BBC

Sudah Berbulan-bulan Petani Australia Berjuang Lawan Wabah Tikus

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Di Australia tengah muncul perdebatan tentang cara paling ampuh untuk mengatasi masalah hama tikus di bagian timur negara itu. Racun? Pemerintah tidak menyarankannya. Ular? Itu bisa menimbulkan masalah lain. Jadi apa? Steve Evans dari The Canberra Times mencari tahu jawabannya.

Seorang teman saya masih mengingat wabah tikus yang lalu.

Ratusan tikus menyerbu rumahnya di Dubbo, New South Wales. Mereka ada di mana-mana, datang dari bawah pintu, berlarian di loteng, meninggalkan bau busuk yang menjijikkan, antara lain dengan mati di rongga yang tak terjangkau.

Solusi yang terpikir olehnya ialah jebakan brutal yang terbuat dari kertas dan lem. Tikus akan menempel pada kertas dan kemudian dia menenggelamkannya dalam ember. Dia masih ingat kengerian teriakan tikus-tikus itu.

Dalam wabah kali ini, berbagai metode cerdik lainnya telah dicoba.

Banyak toko peralatan kehabisan perangkap tikus komersial, jadi orang-orang berimprovisasi. Seorang warga, misalnya, mengisi ember dengan air dan mengolesi pinggirannya dengan minyak sayur, kemudian meletakkan umpan berupa selai kacang di air. Tikus-tikus yang tak bisa menolak selai kacang tergelincir di tepi ember dan jatuh ke dalam air.

Perangkap tikus
AFP
Beberapa petani membuat perangkap untuk menenggelamkan tikus dalam jumlah besar.