Logo BBC

Miliarder Perempuan Termuda Dunia Ternyata Penipu, Begini Terungkapnya

Elizabeth Holmes.  Getty Images via BBC Indonesia
Elizabeth Holmes. Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Ia dijuluki "perempuan miliarder termuda di dunia" oleh majalah Forbes. "The next Steve Jobs" oleh Inc, majalah bisnis lainnya yang memajang wajahnya di sampul.

Pada 2014, Elizabeth Holmes, waktu itu usianya 30 tahun, dipuja-puja. Ia mendirikan perusahaan bernilai US$9 miliar (Rp128 triliun) yang disebut-sebut akan membawa revolusi dalam diagnosis penyakit.

Hanya dengan beberapa tetes darah, Theranos berjanji bahwa tes ini dapat mendeteksi kondisi kesehatan seperti kanker dan diabetes dengan cepat, tanpa perlu jarum suntik.

Para konglomerat, dari Henry Kissinger sampai Rupert Murdoch, ikut berinvestasi di perusahaan tersebut.

Namun pada 2015, kebohongan mulai terkuak, dan setahun kemudian, Holmes diekspos sebagai penipu. Teknologi yang ia gembar-gemborkan tidak berfungsi sama sekali, dan pada 2018 perusahaan yang ia dirikan pun kolaps.

Holmes, kini berusia 37 tahun, diancam hukuman 20 tahun penjara jika terbukti bersalah atas 12 dakwaan penipuan yang dilayangkan terhadapnya. Ia belum pernah mengungkapkan cerita dari sudut pandangnya.

Pengadilan Holmes, yang dimulai akhir Agustus ini menarik banyak perhatian; dan ia diperkirakan akan menyatakan dirinya tidak bersalah.

Dan dalam perkembangan yang tak disangka-sangka, akhir pekan ini kuasa hukum Holmes dikabarkan akan berargumen bahwa mantan pacar sekaligus mitra bisnisnya, Ramesh "Sunny" Balwani, melecehkannya secara seksual dan mengontrol emosinya pada waktu tindak kejahatan yang dituduhkan terjadi. Mereka berargumen bahwa perilaku itu melemahkan kondisi mentalnya.

Balwani, 56 tahun, yang menghadapi dakwaan yang sama, menyebut klaim tersebut "keterlaluan". Balwani akan diadili pada Januari 2022.