Logo BBC

Seruan Menguat di India atas Kasus-kasus Suami Perkosa Istrinya

Pemerkosaan di India. Getty Images via BBC Indonesia
Pemerkosaan di India. Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Di India, yang masyarakatnya mengakar pada tradisi patriarki, perkawinan adalah sesuatu yang sakral, dan bukanlah kejahatan bagi suami untuk memperkosa istrinya.

Tapi beberapa pekan terakhir, setelah pengadilan mengeluarkan keputusan terhadap kasus pemerkosaan dalam rumah tangga, muncul dorongan baru dari kalangan aktivis untuk menerapkan pidana pada kasus pemerkosaan dalam rumah tangga.

Kamis lalu, Hakim Pengadilan Tinggi NK Chandravanshi di Chhattisgarh mengeluarkan keputusan kontroversial bahwa "hubungan seksual atau tindakan yang berkaitan dengan seksualitas yang dilakukan oleh suami terhadap istrinya, tak bisa disebut pemerkosaan bahkan jika itu bersifat memaksa, atau bertentangan terhadap keinginan istrinya".

Dalam kasus ini, seorang perempuan menuduh suaminya melakukan "hubungan seks yang tidak wajar" dan memperkosanya dengan benda-benda.

Hakim mengatakan, si suami bisa diadili karena melakukan hubungan seks tak wajar, tapi membebaskannya dari tuduhan pemerkosaan yang jauh lebih serius, karena hukum India tidak mengakui pemerkosaan dalam pernikahan.

Keputusan ini memicu kemarahan di media sosial, termasuk dari peneliti masalah gender, Kota Neelima yang mempertanyakan "Kapan pengadilan akan memberikan pertimbangan dari sisi perempuan?"

https://twitter.com/KotaNeelima/status/1430750737890304004