Omicron Muncul, Hong Kong Tetap PeDe Kebijakan Tanpa Karantina

Wisata di Hong Kong
Wisata di Hong Kong
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ditemukannya tiga kasus positif COVID-19 varian Omicron di Hong Kong diperkirakan tidak memengaruhi rencana pembukaan perbatasan tanpa kewajiban karantina bagi para pelaku perjalanan dari dan ke China daratan.

"Saya berharap tidak," kata anggota Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional China (NPC) perwakilan Hong Kong, Tam Yiu Chung, dikutip Global Times, Selasa.

Menurut dia, varian baru tersebut belum diketemukan di lingkungan masyarakat di kotanya.

Kepala Eksekutif Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong (HKSAR) Carrie Lam pada Sabtu (27/11) meluncurkan kartu kesehatan personal yang terkoneksi dengan kartu kesehatan Provinsi Guangdong, China.

Menurut perempuan politikus itu, jika ada satu kasus positif ditemukan di Hong Kong,  otoritas China daratan segera memberitahu para pelaku perjalanan ke wilayahnya melalui kartu kesehatan yang sudah terkoneksi tersebut.

Sistem data kesehatan yang dikembangkan HKSAR tersebut kini telah diuji coba secara daring.

Media Hong Kong, The Standard, melaporkan rencana pembukaan perbatasan Hong Kong dengan Guangdong tanpa karantina dengan kapasitas 1.000 orang per hari melalui Shenzhen atau Zhuhai bakal diundur hingga akhir Desember mendatang.