Logo ABC

Ratusan Paus Biru Kerdil Lakukan Perjalanan Melalui Selat Timor Leste

Paus biru kerdil yang bermigrasi dapat terlihat dari pantai saat mereka melewati ibu kota Timor Leste, Dili. (Supplied: Edna Acojedo/Compass Timor-Leste)
Paus biru kerdil yang bermigrasi dapat terlihat dari pantai saat mereka melewati ibu kota Timor Leste, Dili. (Supplied: Edna Acojedo/Compass Timor-Leste)
Sumber :
  • abc

Setiap tahun antara bulan September dan Desember, ratusan paus biru kerdil berenang melalui parit bawah laut, yang sempit namun sangat dalam, antara Timor-Leste dan pulau-pulau di sebelah utaranya.

Selat Ombai-Wetar yang terletak dekat kota Dili adalah selat yang tersempit dengan lebar sekitar 20 kilometer.

Di pantai dekat selat inilah Anda dapat dengan mudah melihat paus biru kerdil saat mereka berenang, terkadang dalam jarak 100 meter.

Daerah ini sudah lama dikenal sebagai tempat yang pas untuk melihat aneka fauna laut termasuk berbagai jenis paus dan lumba-lumba.

Tapi baru sekarang, berkat sebuah program pemantauan tahunan, paus biru yang lewat bisa ditemukan.

Sebuah tempat yang sempurna

Karen Edyvane, yang mengawasi program tersebut, mengatakan dari pemantauan sebelumnya diperkirakan populasi "Austral-Indonesia" bekisar sekitar 700 hingga 1.400 ekor paus biru kerdil.

Paus biru "Pygmy", atau kerdil, disebut demikian karena mereka adalah yang terkecil dari empat sub-spesies yang umumnya dikenal.

Namun, mereka masih bisa tumbuh hingga 24 meter, beberapa meter lebih pendek dari ukuran paus biru normal yang panjangnya mencapai 30 meter dengan berat hingga 130 ton.