Logo BBC

Parlemen Inggris Mau Disusupi Kepentingan Komunis China, Info MI5

MI5 mengeluarkan peringatan tentang Christine Lee pada Kamis (13/01). BBC Indonesia
MI5 mengeluarkan peringatan tentang Christine Lee pada Kamis (13/01). BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Gelombang kejut masih dirasakan setelah muncul peringatan dari lembaga kontraintelijen dalam negeri Inggris, MI5, bahwa ada upaya campur tangan dari China terhadap parlemen Inggris. Tetapi beragam isyarat menunjukkan peringatan itu bukanlah yang terakhir, lapor wartawan BBC urusan keamanan, Gordon Corera.

MI5 mengatakan Christine Lee, seorang pengacara terkenal di lingkungan komunitas China di Inggris, secara diam-diam bekerja untuk Partai Komunis China guna mengusung kepentingannya.

MI5 tidak sampai menuduh Lee terlibat dalam kegiatan mata-mata - mencuri data rahasia - tetapi terlibat dalam aktivitas campur tangan.

Para menteri dan pejabat tinggi mengatakan di masa yang akan datang akan dikeluarkan peringatan baru seiring dengan usaha sejumlah lembaga keamanan untuk membongkar keterlibatan orang-orang yang secara diam-diam mempengaruhi kehidupan publik.

Namun timbul banyak pertanyaan apakah pihak berwenang telah mengambil langkah memadai untuk menangkal campur tangan asing dan mengapa sejauh ini belum ada undang-undang baru di Inggris untuk menangani masalah itu.

Sumber-sumber pemerintah mengatakan keputusan mengeluarkan peringatan diambil beberapa bulan lalu dan setelah lama dilakukan penyelidikan.

Dasar pemikirannya adalah satu-satunya cara mengacaukan ancaman ini dengan membeberkannya ke publik, dengan mengeluarkan peringatan kepada Parlemen Inggris bahwa orang-orang yang terlibat akan segera menjadi sorotan umum. Langkah ini baru dua kali ditempuh.