Gletser Gunung Everest Mencair Lebih Cepat dalam 25 Tahun Terakhir

Gunung Everest di Himalaya.
Sumber :

VIVA – Sebuah studi baru menemukan bahwa perubahan iklim menyebabkan gletser tertinggi di Gunung Everest mencair dengan cepat. Para peneliti yang dipimpin oleh University of Maine menemukan bahwa South Col Glacier telah kehilangan ketebalan lebih dari 180 kaki (54m) dalam 25 tahun terakhir.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Gletser yang terletak 7.906 (25.938 kaki) di atas permukaan laut, menipis 80 kali lebih cepat daripada es pertama yang terbentuk di permukaan. Diduga, tingkat penurunan ini dikarenakan pada suhu pemanasan dan angin kencang.

Melansir dari BBC, Minggu 6 Februari 2022 menuliskan para ilmuwan yang memimpin studi tersebut menemukan bahwa sejak 1990-an, es yang membutuhkan waktu 2.000 tahun untuk terbentuk itu telah mencair.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Gletser Jakobshavn Greenland

Photo :
  • U-Report

Mereka juga mencatat lapisan salju tebal gletser telah terkikis, dan memperlihatkan es hitam di bawahnya ke matahari dan mempercepat proses pencairan.

Waspada, Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Setinggi 700 Meter

Dr Mariusz Potocki yang menjadi salah satu peneliti utama dalam studi tersebut, mengatakan bahwa temuan itu menunjukan bahwa gletser mungkin saja sudah mencair.

“Gletser kol Selatan mungkin sedang dalam perjalanan keluar, itu mungkin sudang menjadi ‘peninggalan’ dari waktu yang lebih tua dan lebih dingin,” ujar Patocki.

Penulis lain dari laporan tersebut, Dr Tom Matthews, seorang ilmuwan iklim dari King College London, mengatakan kepada BBC bahwa tidak ada satupun perubahan iklim di Kawasan yang menyebabkan lonjakan pencairan.

“Sebaliknya kenaikan suhu yang stabil pada akhirnya mendorong gletser melewati ambang batas, dan tiba-tiba semuanya berubah,” katanya dalam keterangan pada BBC.

Dr Mayewski juga mengamati bahwa pencairan yang cepat dapat memiliki berbagai implikasi, baik secara regional maupun global.

Selain itu, para peneliti mengkhawatirkan beberapa pegunungan yang menjadi sumber untuk air minum akan bernasib sama dengan Gunung Everest. Salah satunya Gunung Himalaya yang dijadikan sebagai sumber air minum, apabila gletsernya mengikuti Gunung Everest maka kapasitas mereka untuk menyediakan air minum serta irigasi akan mengalami penurunan yang signifikan.

Penurunan juga dapat memberikan tantangan bagi pendaki, karena ekspedisi ke gunung di masa depan dapat menghadapi batuan dasar dan lapisan es yang lebih terbuka sehingga lebih sulit untuk didaki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya