Logo BBC

Muslim di India: Keluarga Korban yang Dibunuh Massa Hidup Ketakutan

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Ketika Uttar Pradesh, salah satu negara bagian paling terpolarisasi di India, mengelar pemilu, sorotan tertuju pada 40 juta penduduk Muslimnya.

Kirti Dubey dari BBC Hindi melacak empat kasus kejahatan dan kebencian terhadap Muslim selama masa jabatan Menteri Besar Yogi Adityanath.

"Dia biasanya membawa handuk tipis di bahunya. Mereka kemudian memasukkan handuk itu ke mulutnya saat mereka membunuhnya," kata Kamrun Ali sembari menyeka air mata.

Muslim India
BBC
Anwar Ali diduga dibunuh oleh massa Hindu pada Maret 2019.

Suaminya, Anwar Ali, diduga dibunuh oleh massa Hindu pada Maret 2019, ketika mencoba mencegah mereka menghancurkan tempat ibadah Islam di dekat rumahnya di Distrik Sonbhadra.

Polisi menangkap 18 orang yang merupakan penduduk beragama Hindu setempat, termasuk beberapa anak, atas kematian Anwar Ali. Tetapi para pelaku bebas dengan jaminan setelah beberapa bulan.

Kamrun Ali mengatakan keluarganya masih menunggu keadilan.

Eksekusi mati di luar pengadilan dan ujaran kebencian yang menargetkan Muslim telah berulang kali menjadi berita utama sejak 2014, ketika Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata Party (BJP) berkuasa dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi.

Para kritikus mengatakan para terdakwa pelaku sering kali merupakan pendukung partai itu. Retorika anti-Muslim oleh para pemimpin BJP dipandang telah membuat para terdakwa berani bertindak di luar hukum.

BJP membantah tuduhan itu, tetapi para tokohnya jarang mengutuk insiden semacam itu.

PM Modi sendiri pernah dikritik keras karena tetap diam selama berbulan-bulan, setelah seorang pria Muslim berusia 52 tahun digantung di Uttar Pradesh pada 2015 karena diduga menyimpan daging sapi di rumahnya.

Pembunuhan itu mengagetkan dunia, tapi pada tahun-tahun berikutnya ada terjadi pula serangan serupa terhadap Muslim.

Beberapa insiden terburuk terjadi di Uttar Pradesh, di mana Yogi Adityanath dari BJP, yang merupakan seorang pendeta Hindu sering menyampaikan pidato bernada hasutan, menjabat sebagai Menteri Utama pada 2017.