Ini Alasan Rusia Menjadi Negara Muslim Terbesar di Eropa

Masjid Nurd Kamal, Rusia.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat ini negara Rusia memang sedang mengalami perseteruan dengan negara Ukraina hingga terjadinya perang. Namun dalam sisi yang berbeda, negara Rusia disebut menjadi negara muslim terbesar di Eropa dengan populasi penduduk muslimnya yang terus meningkat. 

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Mengutip dari The Moscow Times, pada tahun 2019 lalu mufti besar Rusia memprediksikan bahwa sekitar 30 persen dari populasi Rusia akan memeluk agama Islam dalam 15 tahun ke depan. Sehingga pada kali ini kita akan membahas alasan negara Rusia menjadi negara muslim terbesar di Eropa. 

Bertambahnya populasi penduduk muslim di Rusia

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Wilayah Rusia yang mayoritas muslim, termasuk republik di Kaukasus Utara dan republik Tatarstan diketahui memiliki tingkat kelahiran tertinggi di negara tersebut. Berbagai perkiraan menempatkan populasi muslim di Rusia antara 14 hingga 20 juta orang, atau antara 10 hingga 14 persen dari total populasi Rusia yang berjumlah 146,8 juta penduduk pada tahun 2018. 

Umat Islam di Rusia juga diketahui akan terus bertambah karena penduduknya yang beragama Islam memilih untuk mempunyai anak lebih dari satu yakni bisa tiga hingga empat anak. Sehingga populasi penduduk muslim di Rusia akan bertambah. Hal tersebut berdasarkan hasil pengamatan Dosen Program Studi Rusia di Universitas Indonesia (UI), Ahmad Fahrurodji yang dikutip oleh Viva dari Republika pada Rabu, 2 Maret 2022. 

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Bertambahnya jumlah masjid di Rusia

Dengan bertambahnya populasi penduduk muslim, berarti juga mempengaruhi jumlah masjid juga bertambah untuk dibangun. Jumlah masjid di Rusia dan organisasi-organisasi keislaman memang diketahui mengalami peningkatan di Rusia secara kuantitatifnya. 

Pada tahun 1937 masjid yang ada di Rusia jumlahnya dketahui masih di bawah 100. Kemudian jumlahnya berkembang pesat menjadi 5.000 masjid pada tahun 1995. Sementara organisasi keislaman di Rusia yang tadinya hanya berjumlah 870 meningkat menjadi 3.000 organisasi sejak Uni Soviet runtuh pada tahun 1991 hingga 1999. 

Organisasi keislaman yang ada di Rusia tersebut menjadi salah satu faktor yang menggerakkan kehidupan beragama di negara tersebut. Misalnya seperti penyelenggaraan pendidikan Islam dan didirikannya madrasah untuk generasi muda umat islam di Rusia.

Kira-kira itulah alasan-alasan negara Rusia menjadi negara muslim terbesar di Eropa. Bertambahnya populasi umat muslimlah yang mempengaruhi negara yang kini tengah berperang dengan Ukraina tersebut hingga bisa menjadi negara muslim terbesar di wilayah Eropa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya