8 Fakta Menarik Ukraina yang Menjadi Negara Terluas di Eropa

Pemandangan Kota Kiev, Ukraina
Sumber :
  • Ukrainetrek

VIVA – Sejak akhir bulan Februari 2022 lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengerahkan bala tentaranya ke Ukraina dari beberapa arah. Beberapa jam sebelum invasi tersebut, Presiden Rusia Vladimir Putin sudah mengumumkan peluncuran serangan secara besar-besaran. Walaupun negara yang kita kenal sekarang ini baru lahir pada 1991 lalu, Ukraina sudah sejak lama terkenal dengan pemandangannya yang indah dan beragam, budaya, dan tradisi yang terpelihara dengan baik, wanita cantik, dan bencana nuklir yang sangat mengerikan.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Negara yang berada di Eropa Timur ini mempunyai beberapa fakta yang jarang diketahui oleh masyarakat. Ukraina berbatasan langsung dengan Rusia di timur dan timur laut, Belarus di barat laut, Polandia dan Slowakia di barat, Hongaria, Rumania, dan Moldova di barat daya, Laut Hitam di selatan, dan Laut Azov di tenggara. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan fakta unik negara Ukraina, simak ulasan selengkapnya yang disadur dari berbagai sumber.

1. Dihuni Sejak 32 Ribu Tahun SM

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Pemandangan Kota Kiev, Ukraina

Photo :
  • Ukrainetrek

Diketahui bahwa area modern Ukraina sudah dihuni sejak 32 ribu Sebelum Masehi. Pada zaman Pertengahan, wilayah ini adalah pusat terpenting untuk kebudayaan Slavia Timur, dengan Rus Kiev yang kuat membentuk alas jati diri bangsa Ukraina. Lalu, usai pecah pada abad ke-13 wilayah ini diperlombakan, dikuasai, dan dipecah-belah oleh beberapa kuasa. Mulai dari Lithuania, Polandia, Kesultanan Utsmaniyah, Austria-Hongaria, dan Rusia.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Sebuah republic kazaki hadir dan Makmur pada abad ke-17 dan 18, tetapi wilayah ini terbagi menjadi Polandia dan Imperium Rusia yang sepenuhnya menjadi milik Rusia. Setelah itu, periode kemerdekaaan yang singkat terjadi pada abad ke-20. Pertama menjelang akhir Perang Dunia I dan kedua adalah di masa Perang Dunia II. Akan tetapi, dua periode ini berujung pada takluk dan menyatunya wilayah Ukraina ke dalam republik Soviet.

2. Memiliki Sungai Terpanjang Keempat di Eropa

Ukraina mempunyai sungai terpanjang keempat di Eropa yang bernama Sungai Dnieper. Sungai ini melintasi Ukraina dan Belarus dari Valdai Hills, Rusia. Sungai Dnieper ini melintasi ketiga negara tersebut sampai ke Laut Hitam. Panjang sungai ini mencapai 2.285 km yang mana 485 kilometer melintasi Rusia, 595 melintasi Rusia, dan 1.095 melintasi Ukraina.

Sumber sungai terpanjang ini adalah rawa-rawa Bukit Valdai yang berada di Rusia Tengah, dengan ketinggian 220 meter. Sepanjang 115 km, sungai ini menjadi batas negara Belarusia dan Ukraina. Sungai ini dihubungkan dengan Sungai Bug oleh Terusan Dniper-Bug. Selain itu, sungai ini sangat penting untuk transportasi ekonomi Ukraina.

 3. Negara Terbesar di Eropa

Kota Mati Pripyat di Ukraina

Photo :
  • U-Report

Bila tidak termasuk Rusia yang berada di Asia dan Eropa, Ukraina merupakan negara terbesar dalam hal luas yang ada di Eropa. Luas total negara yang tengah diserang ini adalah 603,55 km persegi. Sementara itu, Ukraina merupakan negara terbesar dalam hal luas di Eropa, tapi tidak besar dalam hal populasi. Dengan mempunyai populasi sekitar 43 juta orang, itu lebih kecil dari Prancis dan Jerman.

4. Mempunyai Tujuh Situs Warisan Dunia

Ukraina merupakan rumah untuk tujuh situs yang dilindungi oleh Daftar Warisan Dunia UNESCO. Tempat ini juga adalah salah satu tempat terbaik di Ukraina yang wajib dikunjungi. Situs tersebut terdiri atas Katedral Saint-Sophia Kyiv dan pusat bersejarah Lviv, gereja kayu unik di Carpathians dan hutan beech yang mengelilinginya. Selain itu, masih banyak tempat terlindung yang menakjubkan yang harus dikunjungi selama liburan di Ukraina.

5. Memiliki Banyak Kota Hantu

Kota Pripyat di Ukraina menjadi kota hantu setelah bencana nuklir Chernobyl

Photo :
  • Istimewa

Bencana Chernobyl adalah bencana nuklir yang paling mematikan sepanjang masa terjadi di Ukraina. Situs yang mana bencana ini terjadi dan sekitarnya berada di utara Ukraina dan merupakan bagian dari Zona Pengecualian Chernobyl yang didirikan oleh Uni Soviet segera usai kecelakaan yang terjadi pada tahun 1986.

Di dalam zona ini, ada beberapa kota yang ditinggalkan, terutama kota Pripyat yang menarik minat seluruh dunia. Bila tur di area ini, termasuk pembangkit listri masih tersedia dengan risiko yang ditanggung oleh para pelancong.

6. Stasiun Metro Terdalam di Dunia

Stasiun metro terdalam di dunia yaitu stasiun Arsenalna yang berada di jalur Sviatoshynsko – Brovarska yang berada di Kyiv, ibu kota Ukraina. Stasiun kereta yang berada di bawah tanah ini dibuka sejak 6 November 1960 sebagai bagian dari tahap pertama Metro Kyiv yang dibangun dan dirancang pada masa pemerintahan Uni Soviet. Stasiun metro terdalam di dunia ini berada di kedalaman 105,5 meter atau setara 346 kaki.

7. Pesawat Terberat yang Pernah Ada

Pesawat An-225 Mriya

Photo :
  • http://mashable.com

An-225 merupakan pesawat terberat yang pernah dibuat, dengan berat lepas landas maksimal 710 ton. Hal ini memegang rekor untuk total muatan udara di 559.580 pound dan muatan barang tunggal yang diangkut di 418.830 pound. Antonov An-225 Mriya dibuat di Kiev, Ukraina ketika masih menjadi bagian dari Uni Soviet. Ini juga mempunyai lebar sayap terpanjang dari seluruh pesawat fungsional.

8. Kedai Kopi Tertua di Eropa

Ukraina dan Austria sama-sama mengklaim sebagai pihak yang pertama kali membuat kedai kopi di Eropa. Beberapa pihak meyakini bahwa Yuri Kulczycki, seorang pahlawan perang Ukraina, menyeduh secangkir kopi pertama di Wina, Austria tahun 1680-an. Hingga sekarang, budaya kopi Ukraina yang intens terlihat jelas di Lviv, sebuah kota di Abad Pertengahan, yang kini sudah menjadi rumah untuk ratusan kedai kopi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya