Mengenal Olena Zelenska Istri Presiden Zelensky dan Ibu Negara Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersama istrinya Olena Zelenska.
Sumber :
  • Volodymyr Tarasov/Barcroft Media

VIVA – Olena Zelenska mungkin melihat dirinya sebagai orang non-publik, tetapi sebagai istri dari orang nomor satu di Ukraina yaitu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, Zelenska bangkit menjadi pendukung paling setia Zelensky di tengah invasi Rusia.

Menlu Ukraina sebut Putin ‘Hewan Politik’ yang Bisa Merasakan Rasa Takut

Ibu negara Ukraina dikenal sebagai penulis skenario dan mantan teman sekelas Zelensky. Dia dianggap sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di negara itu meski jarang sekali mendapat sorotan.

Olena Zelenska Istri dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Photo :
  • Pavlo_Bagmut/ Ukrinform/Barcroft Media
Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Zelenska menekuni bidang arsitektur di Universitas Nasionel Kryvyi Rih sebelum dia terjun ke dalam dunia menulis, di sanalah Zelenska bertemu dengan Zelensky. Saat itu Zelensky merupakan calon komedian dan mahasiswa hukum. Dilaporkan bahwa pasangan itu sebelumnya adalah teman sekolah, tetapi mereka tidak berkenalan sampai tahun-tahun universitas mereka berakhir.

Melansir dari Fox News, Rabu 2 Maret 2022, Zelenska kemudian menjadi penulis untuk rombongan komedi yang membuat Zelensky menjadi terkenal di Servant of the People, serial komedi Ukraina ini meroket pada tahun 2010-an. Zelensky membintangi serial itu sebagai guru sekolah menengah yang menyenangkan dan menjadi presiden setelah muak dengan politisi korup. Dia dipuji sebagai salah satu penghibur top Ukraina.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Zelensky dan Zelenska dikabarkan berkencan selama delapan tahun sebelum mereka menikah 6 September 2003. Setahun kemudian mereka dikaruniai sorang putri bernama Aleksandra yang sekarang berusia 17 tahun. Pasangan itu juga memiliki seorang putra berusia 9 tahun bernama Kiril.

“Saya lebih suka tinggal di belakang panggung. Suami saya selalu di garis depan, sementara saya merasa lebih nyaman di tempat teduh. Saya tidak menyukai kehidupan pesta, saya orang yang serius. Tetapi saya menemukan alasan untuk diri saya sendiri yang mendukung publisitas. Salah satunya adalah kesempatan untuk menarik perhatian orang ke masalah sosial yang penting,” kata Zelenska.

Zelenska mengetahui bahwa suaminya mencalonkan diri sebagai presiden pada 1 Januari 2019 dari jejaring sosial. Ketika dia bertanya kepada Zelensky mengapa dia tidak mengatakan apa-apa padanya sebelum go public jawaban Zelensky adalah “saya lupa”.

“Saya tidak terlalu senang ketika saya menyadari bahwa itulah rencananya. Saya menyadari bagaimana semuanya akan berubah, dan kesulitan apa yang harus kami hadapi. Suamiku tahu bagaimana memberi kejutan. Tapi, jika serius, kami telah mendiskusikan masalah ini sejak lama, dan aku mengatakan bahwa aku akan selalu mendukungnya,” ujar Zelenska.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersama istrinya Olena Zelenska bertemu dengan Pangeran William dan Catherine, Duchess of Cambridge.

Photo :
  • Jonathan Brady/WPA Pool

Zelenska juga sempat secara agresif menentang rencana awal suaminya untuk mengejar politik, karena mengetahui bahwa dia dan keluarganya akan menjadi sorotan. Namun, terlepas dari keenganan awalnya, tujuannya adalah untuk mendukung pasangannya. Apa pun keputusan Zelensky maka dia akan mendukung sepenuhnya.

Pada tahun 2019, Zelensky mulai menjabat dalam pemilihan demokratis dan menang telak mengalahkan seorang pengusaha miliarder. Dia berjanji akan mematahkan kekuatan oligarki korup yang menguasai Ukraina sejak pembubaran Uni Soviet. Tahun itu, dia muncul di sampul Vogue Ukraina.

Zelensky menjelaskan kepada Vogue bahwa meskipun menjadi sorotan publik, pasangan ini selalu bertekad untuk melindungi privasi anak-anak mereka. Zelenska juga menekankan bahwa dia bertekad untuk mendukung suaminya sebagai ibu negara.

“Saya dibesarkan di Kryvyi Rih, saya telah tinggal di negara ini sepanjang hidup saya, dan saya mengerti berapa banyak masalah yang kami hadapi. Tetapi, jika saya akan mengambil semuanya, itu tidak akan berhasil, jadi tim kami memutuskan untuk fokus pada tugas-tugas khusus, kesejahteraan anak-anak, kesempatan yang sama untuk semua orang Ukraina, dan diplomasi budaya,” kata Zelenska pada Vogue.

Salah satu fokus utama Zelenska pada permasalahan di Ukraina adalah hak-hak perempuan. Pada tahun 2019, dia memprakarsai aksesi Ukraina ke inisiatif internasional G7 tentang kesetaraan gender, Kemitraan Biarritz. Selain itu, dia juga mempromosikan Kongres Wanita Ukraina. Melalui gaya pribadinya, Zelenska juga memilih untuk mempromosikan desainer Ukraina.

“Pasangan presiden memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan mereka yang dekat dengan kekuasaan. Pintu pejabat tidak tertutup di depan ibu negara. Saya bukan politisi, dan saya tidak berhak ikut campur dalam pekerjaan presiden, tetapi saya bisa menjadi perantara antara orang dan pejabat, sehingga yang terakhir akan mendengar, saya bisa dan saya sangat bersedia.”

Selain tugasnya sebagai ibu negara Ukraina, Zelenska tetap menjadi penulis skenario untuk Kvrtal 95 Studio, sebuah perusahaan produksi yang didirikan oleh suaminya.

Di tengah invasi Rusia tahun ini, Zelenska dan anak-anaknya dilaporkan tetap berada di Ukraina di lokasi yang dirahasiakan. Zelensky yang telah memilih untuk tinggal di negara itu, dan mencatat bahwa Rusia menargetkan dirinya sasaran nomor satu dan keluarganya sasaran nomor dua. Zelensky juga menolak mentah-mentah tawaran Amerika Serikat (AS) untuk meninggalkan Ukraina.

Seperti Zelensky, Zelenska tetap bertahan di tengah invasi yang melanda Ukraina.

“Saya tidak akan panik dan menangis, saya akan tenang dan percaya diri. Anak-anak saya melihat saya. Saya akan berada di samping mereka, dan di sebelah suamiku. Dan denganmu (Rakyat Ukraina),” tulis Zelenska di akun Instagram miliknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya