6 Senjata Biologi Paling Mematikan di Dunia yang Dimiliki Amerika

Virus Ebola
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Beberapa hal lebih menakutkan sebagai senjata daripada penyakit menular. Gagasan tentang kematian yang merayap dan tak terlihat mungkin akan membuat kamu berdarah dari tempat-tempat yang tidak kamu inginkan jauh lebih buruk daripada gagasan tertembak.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Bagaimanapun, itu hal yang baik Angkatan Darat AS memiliki Institut Penelitian Medis Penyakit Menular untuk melawan pengembangan atau persenjataan superbug dan virus untuk digunakan melawan Amerika Serikat.

Sejak tahun 1960-an, USAMRIID telah berada di garis depan penelitian dan pengujian penyakit untuk mencegah komunis, teroris, Ibu Pertiwi atau siapa pun menggunakan senjata biologis untuk melawan Amerika dan sekutunya.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Ini adalah satu-satunya tempat di Amerika yang dapat menangani virus Biosafety Level 4, tingkat keamanan tertinggi untuk beberapa penyakit dan racun paling mematikan di dunia. Berikut adalah beberapa senjata biologi paling mematikan dunia yang dimiliki Amerika sejak 1969 dikutip dari military.

1. Q-Demam

Sedang Ramai, Ini 5 Cara Mencegah Penyebaran Nyamuk DBD yang Mengancam Jiwa

Pada 1950-an, pendahulu USAMRIID, Unit Medis Angkatan Darat, melakukan tes pada sukarelawan manusia untuk menentukan penyebab Q-Fever, pneumonia agresif yang pertama kali terlihat di rumah jagal Australia. Diyakini agen tersebut dapat digunakan sebagai senjata biologis. Singkat cerita, mereka benar. Hanya alih-alih melawannya, mereka mempersenjatainya.

Amerika Serikat menciptakan lebih dari 5.000 galon Q-Fever karena mudah dicairkan, bisa bertahan hingga 60 hari di beberapa permukaan, dan hanya membutuhkan satu basil untuk menginfeksi seseorang. Cache dihancurkan setelah AS menandatangani Konvensi Senjata Biologis PBB tahun 1972.

2. Botulisme

Selama Perang Teluk pertama, Irak pimpinan Saddam Hussein diketahui telah memproduksi lebih dari 19.000 galon toksin botulinum. Ancaman terhadap pasukan Amerika dalam Operasi Desert Shield dan Desert Storm sangat nyata. Terserah USAMRIID untuk melindungi pasukan sekutu jika Saddam menggunakan senjata itu untuk melawan pasukan koalisi. Irak diperkirakan memiliki 100 bom R-400 yang sarat dengan racun.

Botulisme secara alami jarang terjadi, tetapi dalam senjata botulisme, itu bisa sangat mematikan, menyebabkan kelumpuhan, kematian, dan perawatan rumah sakit jangka panjang bagi mereka yang bertahan hidup. Hanya satu gram toksin botulinum sudah cukup untuk membunuh satu juta orang ketika dihirup.

Ketika Angkatan Darat A.S. melihat 3.000 tentara dalam Perang Korea tiba-tiba terserang demam berdarah yang sangat mematikan, para pejabat menganggap itu adalah senjata biologis. Tidak ada bukti senjata yang pernah ditemukan, tetapi mereka menemukan keluarga penyakit yang disebut "Bunyaviridae."

Hantavirus adalah nama umum untuk Hantavirus Haemorrhagic Fever with Renal Syndrome, suatu kondisi dengan tingkat kematian 50%. Meskipun tidak ada vaksin, para peneliti di USAMRIID baru-baru ini mengidentifikasi reseptor kunci yang dapat mengarah pada pengobatan.

4. Antraks

Anthrax mungkin No. 1 dalam daftar agen biologis yang paling mungkin karena secara alami ditemukan di tanah, mudah diproduksi dan bertahan untuk waktu yang sangat lama setelah dicairkan. Itu tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa, yang berarti itu adalah berita buruk sebagai senjata pemusnah massal yang licik.

Upaya USAMRIID melawan antraks mencakup uji lapangan yang efektif dan disetujui FDA untuk mengidentifikasi antraks serta vaksin canggih yang dapat melindungi orang dari antraks inhalasi, bentuk penyakit paling mematikan dan yang paling mungkin digunakan sebagai agen biologis.

5. Demam Berdarah Marburg

Virus Marburg masih satu keluarga dengan virus Ebola. Penting untuk dicatat bahwa virus Marburg adalah agen bioweapon Kelas-A, yang berarti dapat diisolasi dari kelelawar buah Afrika dan diubah menjadi senjata. Uni Soviet mempersenjatai virus Marburg dalam bentuk aerosol dan mencatat tingkat kematiannya bisa mencapai 90 persen.

Pada tahun 2014, USAMRIID, CDC dan laboratorium farmakologi lainnya mengembangkan obat yang melindungi primata dan marmut dari Marburg, mencegahnya menyebar di dalam inangnya.

6. Virus Ebola

Dengan tingkat kematian setinggi 67% dan berasal dari keluarga virus yang sama dengan Marburg, Ebola adalah virus yang ideal untuk dijadikan senjata oleh Uni Soviet, yang mampu mengisolasi Ebola dengan cara yang sama seperti Demam Berdarah Marburg. Untungnya, Soviet tidak pernah menggunakannya.

Selama wabah Ebola baru-baru ini di Afrika Barat yang memperlihatkan jumlah infeksi yang luar biasa antara tahun 2014 dan 2016, peneliti Angkatan Darat membantu mengembangkan empat terapi multi-obat yang berbeda untuk memerangi virus dan menahan penyebarannya. Pada 2019, dua di antaranya masih dalam pengembangan dan USAMRIID adalah salah satu dari sedikit laboratorium di AS yang mampu menangani penelitian Ebola.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya