Makedonia Utara Usir Diplomat Rusia, Sebagai Salah Satu Bentuk Sanksi

VIVA Militer: Duta Besar Rusia untuk PBB, Vasily Nebenzya
Sumber :
  • extra.ie

VIVA – Pemerintahan Makedonia Utara telah memerintahkan pengusiran lima diplomat Rusia yang berada di Makedonia Utara, Selasa 29 Maret 2022. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kementerian Luar Negeri Makedonia Utara menyusul langka serupa yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa lainnya.

Tersangka Penembakan PM Slovakia Diduga Anggota Partai Oposisi

Kementerian Luar Negeri mengatakan, Pemerintah Makedonia Utara memberikan waktu selama lima hari untuk Rusia supaya bisa meninggalkan Makedonia Utara, selain sebagai salah satu bentuk sanksi, Rusia pun melanggar norma-norma diplomatik.

Seperti diungkapkan Kementerian Luar Negeri Makedonia Utara, dikutip dari Al Jazeera "Diplomat yang terdaftar melakukan kegiatan yang bertentangan dengan Konvensi Wina untuk hubungan diplomatik,” kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan pada hari Senin kemarin , merujuk pada perjanjian internasional yang mencakup perjanjian terkait dengan protokol diplomatik.

Gelar Pertemuan di Beijing, Xi Jinping dan Vladimir Putin Sepakati 5 Hal Ini

"Akan ada tanggapan yang memadai dari Rusia terhadap keputusan Makedonia Utara", kantor berita Interfax melaporkan pada hari Senin, mengutip sumber di kedutaan Rusia di Skopje.

VIVA Militer: Bangkai kendaraan lapis baja militer Rusia di Ukraina

Photo :
  • forbes.com
Sempat Kritis karena Luka Tembak, Ini Kabar Terbaru PM Slovakia

Makedonia Utara bukan negara pertama yang mengusir para diplomatiknya di beberapa negara, sebelumnya langkah yang serupa dilakukan oleh AS, Polandia, Slovakia dan beberapa negara lainya.

Dapat invasi ke Ukraina membuat beberapa negara memberikan sanksi atas tindakan Vladimir Putin. Makedonia Utara pun mengikuti negara-negara lain untuk memberikan sanksi kepada Rusia dengan menyebut Rusia sebagai negara musuh.

Di Hari itu juga, Rusia melakukan tindakan yang sama dengan mengusir tiga diplomatik Slovakia sebagai salah satu bentuk balas dendam setelah sebelumnya Slovakia mengusir Diplomatik dari Bratislava.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan telah memanggil duta besar Slovakia untuk Rusia dan mengatakan bahwa tiga diplomat Slovakia diusir dari Rusia sebagai salah bentuk ketegasan dari pemerintahan Rusia.

Pihak berwenang Slovakia mengatakan pada 15 Maret bahwa mereka telah memutuskan untuk mengusir tiga diplomat Rusia menyusul informasi dari badan intelijen.

Slovakia juga mengatakan bahwa mereka telah mendakwa dua warga negara dengan mata-mata untuk Rusia, setelah mereka diduga menyampaikan intelijen yang sangat sensitif ke Rusia mengenai NATO dan Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya