Pidato di Forum Iklim Turki, Megawati Angkat 'Memayu Hayuning Bawana'

Megawati berbicara di Forum Eco-Climate Summit di Congresium, Ankara, Turki
Sumber :
  • ANTARA/HO-KBRI Ankara

VIVA – Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri menyoroti pentingnya nilai-nilai kearifan lokal sebagai solusi untuk mencegah dan memitigasi perubahan iklim.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

"Indonesia sejak lama telah memiliki berbagai filosofi dalam melestarikan lingkungan hidup," kata dia dalam forum iklim Eco-Climate Summit di Ankara, Turki, yang digelar pada 30-31 Maret 2022 seperti dikutip keterangan pers dari KBRI Ankara, Jumat.

Megawati mengatakan nilai-nilai kearifan lokal yang mencerminkan upaya mitigasi perubahan iklim dapat dilihat dari frasa "Memayu Hayuning Bawana" yang berarti memperindah alam semesta yang sudah indah.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Kearifan lokal lain yang mempraktikkan upaya mitigasi perubahan iklim, kata dia, adalah ritual Nyepi di Bali yang memberi waktu bagi alam semesta untuk beristirahat dari praktik-praktik yang dapat menimbulkan pemanasan global.

Dalam forum bertema "Membangun Peradaban Baru Berwawasan Iklim" tersebut, Megawati mengingatkan dunia mengenai perubahan iklim yang nyata dan sudah sampai ke tahap yang mengancam kelangsungan umat manusia.

Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024

Dia juga mendesak kolaborasi masyarakat dunia untuk mengatasi pemanasan global.

"Prinsip tanggung jawab bersama namun berbeda sudah disepakati sejak Protokol Kyoto 1997. Namun, implementasi masih menjadi tanda tanya besar karena kompromi dan adu argumen," katanya.

Menurut dia, upaya untuk memecahkan masalah iklim juga perlu mempertimbangkan perlunya usaha untuk mewujudkan keadilan iklim. Dia menilai bahwa negara-negara industri maju adalah pihak yang paling bertanggung jawab dalam upaya mengurangi krisis iklim.

Sementara itu, Minister Counsellor Politik KBRI Ankara Dion Swasono mengapresiasi pidato Megawati. Dia mengatakan bahwa filosofi yang direfleksikan dari budaya Nyepi di Bali menjadi perhatian dalam sesi-sesi diskusi selama forum berlangsung.

"Beberapa peserta juga menimpali bahwa puasa Ramadhan jika diterapkan secara utuh juga dapat menjadi jeda rehat bagi alam semesta," ujar Dion yang turut menghadiri acara tersebut.

Eco-Climate Summit diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri Ankara untuk memasyarakatkan pengembangan industri yang berwawasan perubahan iklim melalui konversi sumber energi, konservasi lingkungan dan membangun ekosistem industri yang kondusif bagi ekonomi sirkular.

Forum tersebut merupakan ajang diskusi dan berbagi pengalaman dalam isu perubahan iklim terbesar di kawasan Balkan dan Asia Tengah. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya