Korea Utara Hancurkan Lapangan Golf di Resor Milik Korea Selatan

Korea Utara menghancurkan lapangan golf milik Korea Selatan di resor pegunungan yang indah, yang menjadi simbol kerjasama antar-Korea.
Sumber :
  • ABC News

VIVA – Korea Utara menghancurkan lapangan golf milik Korea Selatan di resor pegunungan yang indah, yang menjadi simbol kerja sama antar-Korea. Lokasi itu pernah menjadi tempat Korea Utara, dan Korea Selatan menjalankan tur bersama.

Heboh Member Day6 Pakai Batik Hingga Jaket Almamater ITB di Acara Album Fan Sign

Pembongkaran fasilitas yang dibangun Korea Selatan di resor Diamond Mountain oleh Korea Utara, terjadi ketika hubungan kedua negara tetap tegang akibat uji coba rudal tingkat tinggi, yang dilakukan Korea Utara baru-baru ini.

Kementerian Unifikasi Seoul telah mengonfirmasi bahwa Korea Utara menghancurkan resor golf di samping hotel milik Korea Selatan. Jumat lalu, Kementerian Korea Selatan mengatakan Korea Utara membongkar Hotel Haegumgang, sebuah hotel terapung yang berlabuh di daerah pantai resor itu.

Terungkap, Kehidupan Sulit Park Sung Hoon di Masa Lalu Bikin Nyesek

Melansir dari ABC News, Rabu 13 April 2022, Kementerian Korea Selatan mendesak Korea Utara untuk berhenti menghancurkan fasilitas Korea Selatan. Kementerian menuntut Korea Utara kembali ke pembicaraan untuk mengatasi masalah tersebut.

Kedua Korea sama-sama menjalankan proyek tur di resor selama 10 tahun, pada era pengurangan ketegangan antar-Korea. Tur tersebut menarik sekitar 2 juta pengunjung Korea Selatan, dan menjadi sumber mata uang asing yang langka bagi Korea Utara yang miskin.

Gaji Megawati Hangestri Naik Jadi Rp2,4 Miliar per Musim di Red Sparks, Kebeli Avanza Tiap Bulan

Namun, Korea Selatan menangguhkan proyek tersebut pada 2008 setelah muncul laporan bahwa turisnya ditembak mati oleh seorang tentara Korea Utara.

Setelah hubungan mereka membaik pada 2018, kedua Korea mendorong untuk melanjutkan kerja sama yang terhenti termasuk tur gunung. Tetapi Seoul gagal melakukannya karena tidak menentang sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat (AS) yang membuat tur itu tidak dimulai kembali.

Pada 2019, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, memerintahkan para pejabat untuk merobohkan aset milik Korea Selatan di resor, tetapi pembongkaran ditunda karena kekhawatiran tentang penyebaran virus corona.

Selain resor golf dan hotel terapung, Korea Selatan memiliki fasilitas lain di resor seperti spa, pusat budaya, akomodasi, toko bebas pajak, ruang karaoke, dan gedung yang digunakan untuk reuni keluarga Korea yang dipisahkan oleh perang.

Media Pemerintah Korea Utara melaporkan pada Selasa 12 April 2022, bahwa kebakaran di daerah Diamond Mountain selama akhir pekan menghancurkan fasilitas dan ratusan hektare hutan. Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan sedang berusaha mencari tahu apakah kebakaran tersebut menyebabkan kerusakan fasilitas di resor itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya